PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK PADA MATERI BENTUK PERMUKAAN BUMI UNTUK SISWA KELAS III SDN MANGUNSARI SEMARANG


STEFANI NADYA G. D., 1401413608 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK PADA MATERI BENTUK PERMUKAAN BUMI UNTUK SISWA KELAS III SDN MANGUNSARI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413608.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan prapenelitian di kelas III SDN Mangunsari, ditemukan permasalahan media pembelajaran yang digunakan terbatas pada buku paket dan gambar. Permasalahan tersebut didukung data hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA yang menunjukkan bahwa dari 20 siswa, 4 siswa (20 %) yang mendapatkan nilai yang memenuhi KKM yang ditetapkan yaitu 68 dan 16 siswa (80 %) mendapatkan nilai dibawah (KKM). Berkaitan dengan hal tersebut diperlukan media pop-up book untuk pembelajaran IPA. Pop-up book merupakan sebuah buku yang memiliki unsur 3 dimensi dan dapat bergerak ketika halamannya dibuka.Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan desain media pembelajaran pop- up book pada materi bentuk permukaan bumi yang sesuai dengan permasalahan serta kebutuhan guru dan siswa; mengkaji kelayakan produk media pop- up book pada materi bentuk permukaan bumi yang sesuai dengan permasalahan di kelas; menguji kefektifan media pop- up book pada materi bentuk permukaan bumi yang sesuai dengan permasalahan di kelas dan mengetahui tanggapan guru dan siswa terhadap media pop- up book pada materi bentuk permukaan bumi yang dikembangkan sesuai dengan permasalahan di kelas III SDN Mangunsari Semarang. Penelitian ini merupakan jenis metode penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D). Subjek dalam penelitian ini sebanyak 20 orang siswa kelas III SDN Mangunsari Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data produk pop-up book, analisis kuantitatif dengan uji t-test dan uji Ngain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap I validasi desain oleh ahli materi dan ahli media, produk pop-up book dinyatakan layak dengan persentase kelayakan sebesar 100%. Pada tahap II validasi desain pop-up book memenuhi kriteria layak pada aspek materi dan media dengan persentase masing-masing aspek yaitu 80,35% dan 79,68%. Pop-up book juga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang dibuktikan dari adanya perbedaan rata-rata pretest dan posttest melalui t-test sebesar 9,72 dan peningkatan rata-rata pretest dan posttest sebesar 0,44 dengan kategori sedang. Simpulan penelitian ini adalah media pop-up book layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPA materi bentuk permukaan bumi. Saran yang dapat disampaikan yaitu penggunaan media pop up book pada materi bentuk permukaan bumi terbukti memiliki pengaruh yang signifikan terhadapa hasil belajar siswa, sehingga dapat direkomendasikan sebagai alternatif yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pop-up book, bentuk permukaan bumi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2018 15:41
Last Modified: 04 Apr 2019 17:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29916

Actions (login required)

View Item View Item