PERSEPSI PENGELOLA KEUANGAN DESA TERHADAP ACCOUNTING FRAUD TENDENCY (Studi Empiris di Kabupaten Grobogan)


Febri Mustikawati , 7211413141 (2017) PERSEPSI PENGELOLA KEUANGAN DESA TERHADAP ACCOUNTING FRAUD TENDENCY (Studi Empiris di Kabupaten Grobogan). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211413141.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Provinsi Jawa Tengah masuk dalam tiga provinsi tertinggi dengan tingkat korupsi yang melibatkan pemerintah desa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengelola keuangan desa terhadap pengaruh keefektifan pengendalian internal, kesesuaian kompensasi, ketaatan aturan akuntansi, dan budaya etis organisasi terhadap accounting fraud tendency. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi pengelola keuangan desa di Kabupaten Grobogan selaku pengelola dan penanggung jawab dalam penyusunan pelaporan keuangan desa. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster sertified random sampel dan terpilih 15 desa dengan 91 responden yang mewakili populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa kuesioner. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan alat bantu SPSS Versi 21. Hasil pengujian menunjukan bahwa keefektifan pengendalian internal dan ketaatan aturan akuntansi berpengaruh negatif signifikan terhadap accounting fraud tendency. Kesesuaian kompensasi dan budaya etis organisasi tidak berpengaruh terhadap accounting fraud tendency. Keefektifan pengendalian internal, kesesuaian kompensasi, ketaatan aturan akuntansi, dan budaya etis organisasi secara bersama-sama berpengaruh terhadap accounting fraud tendency. Saran untuk pengelola keuangan desa di Kabupaten Grobogan adalah agar dapat mempertahakan keefektifan pengendalian internal dan ketaatan aturan akuntansi sehingga pengendalian internal dapat tetap berjalan efektif dan taat terhadap aturan. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggunakan faktor-faktor yang mempengaruhi accounting fraud tendency dengan mengembangkan teori selain diamond theory.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Accounting Fraud Tendency, Keefektifan Pengendalian Internal, Kesesuaian Kompensasi, Ketaatan Aturan Akuntansi, Budaya Etis Organisasi.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HJ Public Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 15 Feb 2018 13:24
Last Modified: 15 Feb 2018 13:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29912

Actions (login required)

View Item View Item