PENGARUH PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN, SANKSI PERPAJAKAN, TAX AMNESTY, DAN RELIGIUSITAS WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (Studi Empiris pada KPP Pratama Semarang Candisari)


Rizki Rahmawati, 7211413227 (2017) PENGARUH PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN, SANKSI PERPAJAKAN, TAX AMNESTY, DAN RELIGIUSITAS WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (Studi Empiris pada KPP Pratama Semarang Candisari). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211413227.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan Wajib Pajak. Penelitian ini terdiri dari, empat variabel independen dan satu variabel dependen. Variabel independen dalam penelitian ini adalah persepsi kualitas pelayanan, sanksi perpajakan, tax amnesty,dan religiusitas Wajib Pajak. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan kuesioner. Populasi penelitian ini adalah Wajib Pajak Orang Pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Semarang Candisari. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 Wajib Pajak Orang Pribadi yang diambil menggunakan teknik convinience sampling. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan alat analisis aplikasi SPSS 21. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa persepsi kualitas pelayanan, sanksi perpajakan, tax amnesty, dan religiusitas Wajib Pajak berpengaruh simultan terhadap kepatuhan Wajib Pajak. Persepsi kualitas pelayanan dan sanksi perpajakan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak. Sedangkan tax amnesty dan religiusitas Wajib Pajak secara parsial berpengaruh terhadap kepatuhan Wajib Pajak. Penelitian ini memiliki keterbatasan dalam penggunaan instrumen religiusitas Wajib Pajak, dimana instrumen yang digunakan masih kurang memiliki keterkaitan dengan kepatuhan Wajib pajak. Peneliti selanjutnya disarankan untuk menggunakan instrumen variabel religiusitas Wajib Pajak milik Mohdali & Pope (2012) yang lebih memiliki keterkaitan dengan kepatuhan Wajib Pajak. Selain itu, peneliti juga menyarankan untuk mengganti objek penelitian menjadi Wajib Pajak Badan dan menambah variabel penelitan selain yang digunakan oleh penulis. This research aimed to analyze the factors affecting taxpayer compliance. This reseach consist of four independen variable and one dependen variable. The independent variable in this research are perception of service quality, tax pinaltes, tax amnesty and religiosity on taxpayer’s. Meanwhile dependent variable is taxpayer compliance. The method of this research is survey method by using questionnaire. Population in this research is all of the private taxpayers who registered and do their tax obligation in KPP Pratama Semarang Candisari.. The method of sample selection used in this research is Conveniance Sampling by using Slovin formula as amount 100 effective Individual Taxpayers. The method of analysis that used in this research is multiple linear regression test, by using analysis tool SPSS 21. The results of this research shows that perception of service quality, tax pinaltes, tax amnesty and religiosity on taxpayer’s the simultaneously have significant affect on taxpayer compliance. The perception of service quality and tax pinaltes partially haven’t significant affect on taxpayer compliance. Variabel tax amnesty and religiosity on taxpayer’s partially have positif and significant effect on tax compliance. This study has limitations in the use of Religiosity on taxpayer’s instruments, in which the instruments used are still less related to taxpayer compliance. Researchers are further advised to use the instrument of taxpayer religiosity variable belonging to Mohdali & Pope (2012) which is more related to Taxpayer compliance. Further reseach is suggested to replace the object of corporate taxpayer and add another variabel that author use

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan, Tax Amnesty, dan Religiusitas Wajib Pajak, Service Quality, Tax Pinaltes, Service Quality, Tax Penalties, Tax Amnesty and Religiosity on taxpayer’s, Taxpayer Compliance
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Public Service
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 14 Feb 2018 16:30
Last Modified: 30 Mar 2019 14:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29900

Actions (login required)

View Item View Item