Korelasi antara Pengetahuan Alat Praktikum dengan Kemampuan Psikomotorik Siswa Kelas XI IPA SMAN 11 Semarang Materi Pokok Laju Reaksi Tahun Pelajaran 2005/2006.

Khusucidah Laila, 4301401043 (2006) Korelasi antara Pengetahuan Alat Praktikum dengan Kemampuan Psikomotorik Siswa Kelas XI IPA SMAN 11 Semarang Materi Pokok Laju Reaksi Tahun Pelajaran 2005/2006. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Korelasi antara Pengetahuan Alat Praktikum dengan Kemampuan Psikomotorik Siswa Kelas XI IPA SMAN 11 Semarang Materi Pokok Laju Reaksi Tahun Pelajaran 2005/2006.) - Published Version
Download (808Kb)

    Abstract

    eksperimen. Kegiatan eksperimen atau praktikum menitikberatkan pada ranah psikomotor yang berupa penampilan dan berhubungan dengan aktifitas fisik. Oleh karena pelaksanaan praktikum melibatkan alat-alat, maka perlu penguasaan tentang alat-alat praktikum sehingga dapat menunjang kelancaran praktikum dan meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar korelasi antara pengetahuan alat praktikum dengan kemampuan psikomotorik siswa kelas XI IPA SMAN 11 Semarang materi pokok laju reaksi. Pengambilan data menggunakan metode dokumentasi, tes, dan observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 11 Semarang. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling, diperoleh siswa kelas XI IPA-4 dari 4 kelas yang ada. Instrumen yang memenuhi syarat untuk digunakan dalam penelitian kemudian dipakai untuk mengambil data tentang pengetahuan alat praktikum dan data kemampuan psikomotorik. Dari kedua data tersebut kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana. Teknik analisis regresi sederhana menghasilkan persamaan Y= 28,934+0,611x. Persamaan regresi tersebut linier, dibuktikan melalui uji kelinieran dengan Fhitung sebesar 1,117, kurang dari Ftabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,389. Dari perhitungan koefisien korelasi diperoleh harga sebesar 0,60. Harga ini dapat untuk menyimpulkan bahwa ada korelasi positif dan berarti antara pengetahuan alat praktikum dan kemampuan psikomotorik, sedangkan kontribusi variabel pengetahuan alat praktikum terhadap kemampuan psikomotorik diperoleh dari koefisien determinasi regresi sederhana sebesar 36%. Kesimpulan yang diambil dari penelitian ini yaitu ada korelasi positif antara pengetahuan alat praktikum dan kemampuan psikomotorik siswa kelas XI IPA SMAN 11 Semarang materi pokok laju reaksi. Saran yang diajukan adalah agar sebelum praktikum guru memberikan penjelasan mengenai pengetahuan alat dan melakukan uji keterampilan alat untuk meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa khususnya, dan memperlancar kegiatan praktikum pada umumnya.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Alat Praktikum, Psikomotorik
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Q Science > QD Chemistry
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 21 Jul 2011 22:45
    Last Modified: 25 Apr 2015 01:01

    Actions (login required)

    View Item