PENGARUH LEVERAGE,RISIKO LITIGASI, FINANCIAL DISTRESS, BIAYA POLITIK DAN COMPANY GROWTH TERHADAP KONSERVATISME AKUNTANSI ( Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2016)


Sri Rahayu, 7211413090 (2017) PENGARUH LEVERAGE,RISIKO LITIGASI, FINANCIAL DISTRESS, BIAYA POLITIK DAN COMPANY GROWTH TERHADAP KONSERVATISME AKUNTANSI ( Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2016). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211413090.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Konservatisme Akuntansi. Leverage, Risiko Litigasi, Financial Distress, Biaya Politis, Financial Distress Adanya kasus manipulasi laba dalam perusahaan dikarenakan adanya perbedaan kepentingan antara agen dan prinsipal. Perusahaan dapat menerapkan konservatisme akuntansi untuk mengurangi tindakan manipulasi laba yang dilakukan manajemen. Konservatisme akuntansi juga dapat mencegah konflik kepentingan antara agen dan prinsipal dan dapat mengurangi biaya agensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh leverage, risiko litigasi, financial distress, biaya politis dan company growth terhadap konservatisme akuntansi. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2013-2016. Teknik pemilihan sampel dengan purposive Sampling. Sampel yang masuk kriteria 32 perusahaan. Unit analisis sampel untuk tahun 2013-2016 sebanyak 128 unit . Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Pengujian menggunakan program SPSS 21 for windows. Hasil penelitian menunjukan leverage, financial distress, risiko litigasi dan company growth berpengaruh positif signifikan terhadap konservatisme akuntansi. Sedangkan biaya politik tidak berpengaruh terhadap konservatsme akuntansi. Perusahaan yang menerapkan konservatisme akuntansi dalam penyusunan laporan keuangan akan mengurangi konflik kepentingan dan biaya agensi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Konservatisme Akuntansi. Leverage, Risiko Litigasi, Financial Distress, Biaya Politis, Financial Distress
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HJ Public Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 14 Feb 2018 12:50
Last Modified: 14 Feb 2018 12:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29890

Actions (login required)

View Item View Item