PERAN SELF-EFFICACY DALAM MEMEDIASI PENGARUH PRESTASI BELAJAR DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI SE-KABUPATEN PURBALINGGA
Efi Lestari , 7101413107 (2017) PERAN SELF-EFFICACY DALAM MEMEDIASI PENGARUH PRESTASI BELAJAR DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI SE-KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan pengumpulan data awal yang dilakukan di SMK N 1 Kaligondang, SMK N 1 Kutasari, dan SMK N 1 Purbalingga, menunjukkan bahwa minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XI dan lulusan di sekolah tersebut kurang dari 20% sehingga masih belum mencapai salah satu SPM (Standar Pelayanan Minimal) SMK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif dan signifikan prestasi belajar, status sosial ekonomi orang tua, dan self-efficacy terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, untuk mengetahui pengaruh positif dan signifikan prestasi belajar dan status sosial ekonomi orang tua terhadap self-efficacy, serta untuk mengetahui peran selfefficacy dalam memediasi prestasi belajar dan status sosial ekonomi orang tua terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK Negeri se-Kabupaten Purbalingga tahun ajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi di SMK Negeri se-Kabupaten Purbalingga yang berjumlah 428 siswa. Jumlah sampel sebanyak 195 siswa yang diambil menggunakan rumus Isaac dan Michael dengan teknik propotional random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan untuk metode analisis data menggunakan Statistik Deskriptif dan Statistik Inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara langsung prestasi belajar, status sosial ekonomi orang tua, dan self-efficacy berpengaruh terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi masing-masing sebesar 12,8%, 21,4% dan 46,1%. Prestasi belajar dan status sosial ekonomi orang tua juga berpengaruh terhadap selfefficacy masing-masing 34,7% dan 19,9%. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa self-efficacy dapat menjadi mediasi prestasi belajar dan status sosial ekonomi orang tua terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar, status sosial ekonomi orang tua, dan self-efficacy memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi baik secara langsung maupun tidak langsung. Sarannya adalah guru memberikan pemahaman terhadap siswa agar dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, dan memberi pemahaman bahwa rendahnya pendidikan bukan menjadi hal yang turun-temurun.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self-Efficacy, Prestasi Belajar, Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 15 May 2019 19:04 |
Last Modified: | 15 May 2019 19:04 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29888 |
Actions (login required)
View Item |