PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, KELOMPOK TEMAN SEBAYA, KONSEP DIRI, DAN PEMBELAJARAN EKONOMI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SISWA KELAS XI IIS DI SMA NEGERI 1 MAGELANG TAHUN AJARAN 2016/2017
Maya Sagita , 7101413105 (2017) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, KELOMPOK TEMAN SEBAYA, KONSEP DIRI, DAN PEMBELAJARAN EKONOMI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SISWA KELAS XI IIS DI SMA NEGERI 1 MAGELANG TAHUN AJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (937kB) | Preview |
Abstract
Perilaku konsumtif merupakan perilaku konsumsi irasional yang dilakukan oleh seseorang yang didasarkan pada pemenuhan keinginan dan kepuasan semata tanpa mempertimbangkan kebutuhannya. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa perilaku konsumtif siswa kelas XI IIS di SMA N 1 Magelang tahun ajaran 2016/2017 cenderung tinggi. Hal ini didasarkan pada distribusi penggunaan uang saku yang relatif defisit sebesar 60,7%. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh positif status sosial ekonomi orang tua, pengaruh positif kelompok teman sebaya, pengaruh positif konsep diri, dan pengaruh negatif pembelajaran ekonomi terhadap perilaku konsumtif siswa kelas XI IIS di SMA Negeri 1 Magelang tahun ajaran 2016/2017 Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS di SMA Negeri 1 Magelang Tahun Ajaran 2016/2017 yang bejumlah 114 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data berupa angket. Metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linear berganda menggunakan SPPS Statistik versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa status sosial ekonomi orang tua, kelompok teman sebaya, konsep diri dan pembelajaran ekonomi secara simultan berpengaruh terhadap perilaku konsumtif sebesar 34,5%. Secara parsial, status sosial ekonomi orang tua berpengaruh terhadap perilaku konsumtif sebesar 3,96%, kelompok teman sebaya berpengaruh terhadap perilaku konsumtif sebesar 11,8%, konsep diri berpengaruh terhadap perilaku konsumtif sebesar 11,9%, dan pembelajaran ekonomi tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumtif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif status sosial ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumtif, terdapat pengaruh positif kelompok teman sebaya terhadap perilaku konsumtif, terdapat pengaruh positif konsep diri terhadap perilaku konsumtif dan pembelajaran ekonomi tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumtif. Saran dari penelitian ini hendaknya pembelajaran disekolah lebih memberikan contoh kasus yang mengarah pada khidupan sehari-hari agar siswa memiliki kemampuan kognitif yang diimbangi dengan kemampuan psikomotorik. Saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan mengganti variabel pembelajaran ekonomi dengan variabel lainnya dan memperhatikan indikator yang digunakan agar tidak terjadi kesalahan dalam mengukur pengaruh masing-masing variabel terhadap perilaku konsumtif
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perilaku Konsumtif, Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Kelompok Teman Sebaya, Konsep Diri, dan Pembelajaran Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 15 May 2019 19:04 |
Last Modified: | 15 May 2019 19:04 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29887 |
Actions (login required)
View Item |