PERAN KETERLIBATAN SISWA DALAM MEMEDIASI PENGARUH LINGKUNGAN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SMA NEGERI DI KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2016/2017


Erlina Adnadiwantari , 7101413104 (2017) PERAN KETERLIBATAN SISWA DALAM MEMEDIASI PENGARUH LINGKUNGAN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SMA NEGERI DI KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101413104.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (868kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar ekonomi merupakan perubahan yang terjadi pada diri individu yang belajar mata pelajaran ekonomi, bukan saja perubahan yang mengenai pengetahuan ekonomi, tetapi juga kemampuan untuk membentuk kecakapan dalam bersikap dan merupakan hasil yang dicapai oleh siswa setelah proses pembelajaran mata pelajaran ekonomi dalam waktu tertentu yang diukur dengan menggunakan alat evaluasi tertentu. Tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk mengetahui pengaruh Lingkungan Kelas melalui Keterlibatan Siswa terhadap Hasil Belajar siswa Kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi SMA Negeri di Kota Semarang Tahun Ajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 10 dan SMAN 14 Semarang yang berjumlah 315 siswa, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling dengan random persekolahan. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dokumentasi dan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis regresi dengan menggunakan 2 model persamaan regresi. Analisis deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar masuk dalam kriteria baik, lingkungan kelas masuk dalam kriteria tinggi dan keterlibatan siswa masuk dalam kriteria tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positf dan signifikan dari lingkungan kelas terhadap hasil belajar sebesar 18,8%, ada pengaruh positif dan signifikan lingkungan kelas terhadap keterlibatan siswa sebesar 53,4%, ada pengaruh positif dan signifikan keterlibatan siswa terhadap hasil belajar sebesar 17,5% serta pengaruh secara pasial mediasi lingkungan kelas melalui keterlibatan siswa terhadap hasil belajar karena pengaruh langsung sebesar 18,8% lebih besar dari pengaruh tidak lansgung 9,3%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan kelas melalui keterlibatan siswa terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran Ekonomi SMA Negeri di Kota Semarang Tahun Ajaran 2016/2017. Saran dari penelitian ini yaitu hendaknya lebih bisa memberikan dukungan saat pembelajaran seperti memberikan penjelasan yang lebih jelas. Sebagai variabel intervening yaitu keterlibatan siswa, guru sebaiknya memfasilitasi interaksi lebih antar siswa dengan memberikan tugas kelompok supaya lebih terjalin keterlibatan siswa yang lebih intens.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Kelas, Keterlibatan Siswa, Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 May 2019 19:04
Last Modified: 15 May 2019 19:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29886

Actions (login required)

View Item View Item