PENGARUH KONFORMITAS HEDONIS DAN LITERASI EKONOMI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA BIDIKMISI UNIVERISTAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN TAHUN 2014 DENGAN GAYA HIDUP KONSUMTIF SEBAGAI VARIABEL INTERVENING


Eva Oktafikasari , 7101413092 (2017) PENGARUH KONFORMITAS HEDONIS DAN LITERASI EKONOMI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA BIDIKMISI UNIVERISTAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN TAHUN 2014 DENGAN GAYA HIDUP KONSUMTIF SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101413092.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (962kB) | Preview

Abstract

Tingginya angkat konsumsi apabila tidak terkontrol akan membentuk budaya konsumtif. BPS menunjukkan dari 2010 hingga 2014 total konsumsi masyarakat Indonesia meningkat sebesar 56,13%. Perilaku konumtif juga terjadi di kalangan remaja. Mahasiswa yang termasuk dalam konsumen remaja tidak lagi rasional dalam memenuhi kebutuhannya, tak kerkecuali mahasiswa bidikmisi. Permasalahan yang terjadi di lingkungan mahasiswa bidikmisi Universitas Negeri Semarang adalah tingginya tingkat perilaku konsumtif. Faktor yang diduga berpengaruh kuat terhadap perilaku konsumtif mahasiswa bidikmisi di Universitas Negeri Semarang diantaranya konformitas hedonis, tingkat literasi ekonomi, dan gaya hidup konsumtif. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menganalisis faktorfaktor yang diduga berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa bidikmisi angkatan 2014, termasuk menganalisis variabel intervening dalam memdiasi faktor-faktor yang diduga berpengaruh terhadap perilaku konsumtif. Populasi penelitian adalah serluruh mahasiswa bidikmisi Universitas Negeri Semarang angatan 2014 sebanyak 1925. Sampel diambil menggunakan tabel Isaac Michael dengan tingkat kesalahan sebesar 5% sebanyak 297 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel kombinasi yaitu menggabungkan teknik sampel proporsional dan teknik sampel random. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan konformitas hedonis, dan gaya hidup konsumtif terhadap perilaku konsumtif (2) terdaapat pengaruh negatif dan signifikan literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan konformitas hedonis terhadap gaya hidup konsumtif (4) tidak ada pengaruh literasi ekonomi terhadap gaya hidup konsumtif (5) gaya hidup konsumtif signifikan menjadi mediator pengaruh konformitas hedonis terhadap perilaku konsumtif (6) gaya hidup konsumtif gagal mejadi mediator pengaruh literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa gaya hidup konsumtif hanya mampu memediasi pengaruh konformitas hedonis terhadap perilaku konsumtif. Saran yang dapat diberikan adalah mahasiswa agar lebih bijak dalam berkonsumsi dan jangan mudah terbawa pengaruh negatif lingkungan, penlitian selanjutnya diharapkan untuk mencoba menggunakan jenis penelitian kualitatif agar lebih mendalam.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gaya Hidup Konsumtif, Konformtias Hedonis, Literasi Ekonomi, Mahasiswa Bidikmisi, Perilaku Konsumtif.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 May 2019 18:20
Last Modified: 15 May 2019 18:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29883

Actions (login required)

View Item View Item