PENGARUH KEPEMIMPINAN, MOTIVASI KERJA, DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PERANGKAT DESA (Studi Kasus pada Perangkat Desa Wilayah Selatan Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal)


Fajar Nurhidayat , 7101413091 (2017) PENGARUH KEPEMIMPINAN, MOTIVASI KERJA, DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PERANGKAT DESA (Studi Kasus pada Perangkat Desa Wilayah Selatan Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101413091.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (690kB) | Preview

Abstract

Kinerja merupakan hasil kerja baik secara kualitas maupun kuantitas yang dicapai oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab masing-masing untuk mencapai tujuan organisasi. Kinerja yang baik tentunya dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti kepemimpinan, motivasi kerja, dan disiplin kerja perangkat desa di Kantor Kepala Desa wilayah selatan Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan, motivasi kerja, dan disiplin kerja terhadap kinerja perangkat desa di Kantor Kepala Desa wilayah selatan Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perangkat desa di lingkup Kantor Kepala Desa wilayah selatan Kecamatan Pangkah yaitu sebanyak 67 perangkat desa sekaligus dipakai sebagai sampel karena jumlah responden kurang dari 100. Variabel yang diteliti yaitu kepemimpinan, motivasi kerja, dan disiplin kerja sebagai variabel bebas, dan kinerja sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket/kuesioner. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif persentase, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis dengan bantuan program SPSS. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan Y=8,672+0,122X1+0,221X2+0,200X3+e. Uji keberartian persamaan regresi dengan uji F, diperoleh Fhitung = 42,404 dengan signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05. Besarnya pengaruh secara simultan antara kepemimpinan, motivasi kerja, dan disiplin kerja terhadap kinerja perangkat desa yaitu sebesar 65,3%. Pengaruh secara parsial untuk kepemimpinan sebesar 6,55%, untuk motivasi kerja sebesar 10,89%, dan untuk disiplin kerja sebesar 20,16%. Simpulan dalam penelitian ini bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara kepemimpinan, motivasi kerja, dan disiplin kerja terhadap kinerja perangkat desa di Kantor Kepala Desa wilayah selatan Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal baik secara simultan maupun parsial. Saran dalam penelitian ini adalah 1) kepemimpinan kepala desa perlu ditingkatkan dengan memberikan pujian kepada perangkat desa atas hasil kerja dan bersikap lebih supportive, 2) kepala desa perlu memberikan kesempatan lebih banyak lagi bagi perangkat desa untuk mengungkapkan pendapat dan kritikan terhadap sesuatu hal, 3) disiplin kerja perangkat desa perlu ditingkatkan dengan kepala desa melakukan pengawasan terhadap perangkat desa supaya kinerja perangkat desa meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, dan Kinerja Perangkat Desa
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 May 2019 14:13
Last Modified: 15 May 2019 14:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29882

Actions (login required)

View Item View Item