FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA MENJADI GURU AKUNTANSI PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2013 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Gita Stefany , 710143090 (2017) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA MENJADI GURU AKUNTANSI PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2013 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101413090.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (961kB) | Preview

Abstract

Minat menjadi guru akuntansi merupakan perasaan suka, tertarik atau perhatian seseorang terhadap profesi guru akuntansi. Minat dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa minat mahasiswa prodi pendidikan akuntansi angkatan 2013 Universitas Negeri Semarang untuk menjadi guru masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh beberapa faktor yaitu adakah pengaruh motivasi, persepsi profesi guru, kepribadian, gaji atau penghargaan finansial, status sosial ekonomi, lingkungan kerja, nilai-nilai sosial, kesempatan kerja, dan pengaruh teman sebaya terhadap minat menjadi guru akuntansi pada mahasiswa prodi pendidikan akuntansi angkatan 2013 Universitas Negeri Semarang baik secara simultan maupun parsial. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa prodi pendidikan akuntansi angkatan 2013 yang berjumlah 187 mahasiswa. Penelitian ini termasuk dalam penelitian populasi dikarenakan semua populasi digunakan sebagai responden penelitian. Metode yang digunakan dalam pengambilan data adalah angket. Data variabel dianalisis dengan statistik deskriptif dan analisis regresi. Dari hasil analisis deskriptif diperoleh hasil bahwa minat menjadi guru akuntansi pada mahasiswa prodi pendidikan akuntansi termasuk dalam kategori tinggi. Motivasi, persepsi profesi guru, kepribadian, gaji atau penghargaan finansial, lingkungan kerja, nilai-nilai sosial, kesempatan kerja, dan pengaruh teman sebaya termasuk dalam kategori tinggi. Sedangkan untuk status sosial ekonomi masuk dalam kategori cukup. Hasil penelitian ini secara statistik menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan sebesar 53,6%. Secara parsial masing-masing variabel bebas berpengaruh terhadap minat menjadi guru akuntansi pada mahasiswa prodi pendidikan akuntansi, dan faktor yang paling dominan berpengaruh adalah faktor gaji atau penghargaan finansial dengan presentase variable 27,77%. Saran yang dapat diberikan adalah bagi mahasiswa yang sudah mengambil jurusan kependidikan sebaiknya untuk lebih aktif dalam mencari informasi dan menambah wawasan tentang profesi guru. Dan memantapkan niat mereka untuk menjadi seorang guru dengan berbagai cara seperti mengenal lebih jauh tentang profesi guru, mencari tahu informasi mengenai profesi guru, serta mencari banyak pengalaman dalam hal mengajar. Mahasiswa diharapkan dapat menerapkan sikap tanggung jawab dalam mengemban tugas dan kewajibannya. Bagi peneliti yang berminat untuk meneliti dengan tema sejenis, sebaiknya untuk menambahkan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi minat mahasiswa menjadi guru yang belum ditiliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Faktor yang mempengaruhi, Minat Menjadi Guru
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 May 2019 14:13
Last Modified: 15 May 2019 14:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29881

Actions (login required)

View Item View Item