PENGARUH EKSPEKTASI PENDAPATAN, PEMANFAATAN BUSINESS CENTER DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI JURUSAN TATA NIAGA SMK NEGERI 1 BAWANG BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2016/2017


Dewi Setiyaningsih , 7101413077 (2017) PENGARUH EKSPEKTASI PENDAPATAN, PEMANFAATAN BUSINESS CENTER DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI JURUSAN TATA NIAGA SMK NEGERI 1 BAWANG BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101413077.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

SMK merupakan salah satu lembaga pendidikan kejuruan yang bertujuan untuk membekali calon lulusan agar siap bersaing dalam dunia usaha, salah satunya berwirausaha. Berdasarkan hasil kuisioner dalam observasi awal menujukkan minat berwirausaha siswa kelas XI jurusan tata niaga SMK Negeri 1 Bawang Banjarnegara tahun ajaran 2016/2017 rendah. Padahal fasilitas yang disediakan sekolah untuk belajar berwirausaha sudah sangat lengkap. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh ekspektasi pendapatan, pemanfaatan business center dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI jurusan tata niaga SMK Negeri 1 Bawang Banjarnegara Tahun Ajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan tata niaga SMK Negeri 1 Bawang Banjarnegara Tahun Ajaran 2016/2017. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 72 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian populasi karena populasi penelitian kurang dari 100 responden maka diambil semua tanpa ada pengambilan sampel. Metode yang digunakan dalam pengambilan data adalah angket atau kuesioner. Data variabel dianalisis dengan statistik deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekspektasi pendapatan, pemanfaatan business center dan lingkungan keluarga berpengaruh secara simultan terhadap minat berwirausaha siswa (82,7%). Ekspektasi pendapatan berpengaruh terhadap minat berwirausaha siswa (6,06%). Pemanfaatan business center berpengaruh terhadap minat berwirausaha (38,07%). Sedangkan lingkungan keluarga berpengaruh terhadap minat berwirausaha (27,77%). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa ekspektasi pendapatan, pemanfaatan business center dan lingkungan keluarga berpengaruh secara simultan maupun secara parsial terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI jurusan tata niaga SMK Negeri 1 Bawang Banjarnegara Tahun Ajaran 2016/2017. Saran untuk memaksimalkan minat berwirausaha siswa, maka perlu adanya peningkatan kegiatan kewirausahaan di business center dan diadakan seminar kewirausahaan, sehingga pegetahuan siswa di bidang kewirausahaan semakin luas dan dapat mendorong minat siswa dalam berwirausaha.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ekspektasi Pendapatan, Pemanfaatan Business Center, Lingkungan Keluarga, Minat Berwirausaha
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 May 2019 14:07
Last Modified: 15 May 2019 14:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29879

Actions (login required)

View Item View Item