PENGARUH KOMPETENSI PEGAWAI, LINGKUNGAN KERJA FISIK, DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU DI KANTOR KECAMATAN KARANGMONCOL KABUPATEN PURBALINGGA


Tri Winda Sari , 7101413076 (2017) PENGARUH KOMPETENSI PEGAWAI, LINGKUNGAN KERJA FISIK, DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU DI KANTOR KECAMATAN KARANGMONCOL KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101413076.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pelayanan yang memiliki kualitas yang baik dapat menjadi salah satu wujud dari tata pemerintah yang baik (Good Goverment). Permasalahan dalam penelitian ini yaitu masih rendahnya kualitas pelayanan di Kantor Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kompetensi pegawai, lingkungan kerja fisik, dan komunikasi interpersonal terhadap kualitas pelayanan administrasi terpadu di Kecamatan Karangmoncol, Kabupaten Purbalingga Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang melakukan pelayanan di Kantor Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga. Pengambilan sampel menggunakan teknik incidental sampling dan didapatkan responden sejumlah 115 pengunjung ketentuan orang yang sudah melakukan pelayanan minimal 2 kali. Empat variabel yang akan dikaji dalam penelitian ini yaitu kompetensi pegawai (X1), Lingkungan Kerja Fisik (X2), Komunikasi Interpersonal (X3) dan Kualitas Pelayanan (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan regresi linier berganda bersifat positif dengan persamaan Y= 1,320 + 0,239KP + 0,439LKF + 0,825KI + e. Besarnya pengaruh secara simultan antara kompetensi pegawai, lingkungan kerja fisik dan komunikasi terhadap kualitas pelayanan administrasi terpadu di Kantor Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga sebesar 68,8%. Variabel yang memberikan pengaruh paling besar terhadap kualitas pelayanan administrasi terpadu secara parsial adalah komunikasi interpersonal sebesar 22,75%. Sedangkan lingkungan kerja fisik dan kompetensi pegawai memberikan pengaruh lebih kecil sebesar 7,56% dan 7,40%. Simpulan dalam penelitian ini yaitu secara simlutan maupun partial ada pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi pegawai, lingkungan kerja fisik, dan komunikasi interpersonal terhadap kualitas pelayanan administrasi terpadu di Kantor Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga. Saran dari peneliti adalah perlu adanya pelatihan mengenai penanganan pekerjaan dan evaluasi pekerjaan, perlu adanya peringatan berupa gambar atau slogan terhadap pegawai untuk tidak memainkan musik pada saat jam kerja, dan Pegawai Kecamatan Karangmoncol hendaknya mempunyai sikap terbuka yang baik dalam mersepon keluhan kepada pengunjung.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kompetensi Pegawai, Lingkungan Kerja Fisik,Komunikasi Interpersonal
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 May 2019 14:05
Last Modified: 15 May 2019 14:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29878

Actions (login required)

View Item View Item