Need Assessment Mata Pelajaran Kearsipan Konsentrasi Administrasi Perkantoran Berbasis Kurikulum 2013 di SMK Se-Kota Semarang


Muhammad Suprasetya , 7101413071 (2017) Need Assessment Mata Pelajaran Kearsipan Konsentrasi Administrasi Perkantoran Berbasis Kurikulum 2013 di SMK Se-Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101413071.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (818kB) | Preview

Abstract

Kearsipan merupakan mata pelajaran wajib yang diajarkan di setiap SMK konsentrasi administrasi perkantoran Se-Kota Semarang. Mata pelajaran kearsipan memiliki beberapa materi dan praktik yang disampaikam selama satu tahun pada kelas sepuluh. Terdapat beberapa kendala dalam implementasi mata pelajaran kearsipan di SMK konsentrasi administrasi perkantoran Se-Kota Semarang yang berbasis kurikulum pembelajaran 2013, seperti kurangnya sarana prasana pada mata pelajaran kearsiapan, manajemen pembelajaran yang masih kurang, sumber belajar (modul) mata pelajaran masih belum lengkap dan penyampaian kegiatan pembelajaran masih monoton belum ada variansinya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui mengetahui kondisi pembelajaran dan kebutuhan pada mata pelajaran kearsipan di SMK konsentrasi administrasi perkantoran berbasis kurikulum 2013 Se-Kota Semarang Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif dengan model evaluasi konteks pada model CIPP. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan analisis data sebelum dan selama di lapangan. Sumber data yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran kearsipan, murid kelas sepuluh yang menerima mata pelajaran kearsipan, dan teman guru yang mengampu di konsentrasi administrasi perkantoran kurikulum 2013 Se-Kota Semarang. Hasil dari penelitian ini yaitu proses pembelajaran dengan implementasi kurikulum 2013, diawali dengan guru menyiapkan perangkat administrasi pembelajaran. Selanjutnya terkait sarana prasarana praktik kearsipan sudah disediakan oleh sekolah jika ada kekurangan peserta didik akan melengkapinya. Sedangkan buku referensi masih menggunakan tahun terbit lama. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa sudah terdapat kesesuiaan penyusunan perangkat pembelajaran sebagai syarat kebutuhan mata pelajaran kearsipan, masing-masing sekolah telah mengimplementasikan proses pembelajaran sesuai dengan kondisi sekolah. Adanya hambatan pada proses pembelajaran seperti faktor psikologi, fisik, waktu, dan sarana prasarana. Guru dan peserta didik membutuhan sarana dan prasarana sebagai penunjang proses kegiatan pembelajaran. Peneliti dapat memberikan saran bahwa guru dalam proses belajar dapat lebih mengembangkan materi dan mengimplementasikan lagi proses kegiatan pembelajaran mata kearsipan supaya peserta didik dapat lebih memperhatikan saat guru menjelaskan di depan kelas. Adanya penambahan runag khusus praktik administrasi perkantoran beserta kelengkapan sarana prasaran yang digunakan saat praktik mata pelajaran kearsipan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Mata Pelajaran Kearsipan, Need Assessment, Kurikulum 2013
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 13 Feb 2018 19:06
Last Modified: 07 May 2019 13:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29876

Actions (login required)

View Item View Item