STRATEGI HUMAS DALAM UPAYAMENJAGA DAN MENINGKATKAN REPUTASI SEKOLAH (STUDI KASUS DI SMK ANTONIUS SEMARANG)


Nilam Sari Agustine , 7101413069 (2017) STRATEGI HUMAS DALAM UPAYAMENJAGA DAN MENINGKATKAN REPUTASI SEKOLAH (STUDI KASUS DI SMK ANTONIUS SEMARANG). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101413069.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (757kB) | Preview

Abstract

Reputasi adalah akibat dari serangkaian tindakan yang dilakukan oleh seseorang atau organisasi yang dibangun dari waktu ke waktu bersifat tidak tetap yang akan menghasilkan kepercayaan publik atau masyarakat kepada organisasi tersebut. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan oleh peneliti Adanya ketidakstabilan naik turunnya penerimaan peserta didik mengharuskan humas SMK Antonius Semarang untuk lebih keras lagi dalam menjaga dan membangun reputasi sekolah. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui strategi humas dalam upaya menjaga dan meningkatkan reputasi SMK Antonius Semarang, (2) kendala yang dihadapi dalam menjaga dan meningkatkan reputasi SMK Antonius Semarang, serta (3) upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam menjaga dan meningkatkan reputasi SMK Antonius Semarang. Jenis penelitian ini adalah dekriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu mengumpulkan data, mereduksi data, kemudian disajikan untuk menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan dalam meningkatkan reputasi SMK Antonius Semarang yaitu mempromosikan sekolah ke SMP-SMP di kota semarang, melakukan kegiatan bakti sosial dan menjalin relasi yang baik dengan dunia usaha/dunia industri. Kendala yang sering dihadapi berasal dari dalam sekolah dan luar sekolah, dari dalam sekolah adalah pendanaan dan siswa, dari luar sekolah adalah persaingan dengan sekolah lain. Upaya yang dilakukan mengarahkan siswa agar berperilaku baik di luar sekolah, berkoordinasi dengan yayasan untuk meminta bantuan, meningkatkan kualitas input dan output sekolah. Simpulan dari penelitian ini adalah strategi yang dilakukan humas dalam meningkatkan reputasi SMK Antonius Semarang sudah cukup baik dan efektif, namun terdapat kendala-kendala yang menghambat usaha yang sudah dilakukan oleh humas. Saran yang dapat diberikan yaitu: 1) Penambahan media dalam kegiatan promosi, menggunakan media cetak seperti koran, majalah atau tabloid. 2) Pihak sekolah khususnya humas harus melakukan pendekatan terhadap siswasiswa yang bermasalah, kemudian melakukan pendekatan dengan mitra sekolah yang merasa kecewa dengan perilaku buruk siswa saat magang, agar dikemudian hari kejadian seperti ini tidak terulang dikemudian hari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi, humas, reputasi, sekolah
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 May 2019 14:04
Last Modified: 15 May 2019 14:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29875

Actions (login required)

View Item View Item