FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA AKUNTANSI MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI (PPAk) (Studi Kasus pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Semarang)


Siti Umriatun , 7101413062 (2017) FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA AKUNTANSI MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI (PPAk) (Studi Kasus pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101413062.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (865kB) | Preview

Abstract

Observasi awal yang dilakukan pada mahasiswa Akuntansi tahun 2013 Fakultas Ekonomi Unnes, diketahui bahwa minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti PPAk masih cukup rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan UU Akuntan Publik, biaya pendidikan, lamanya pendidikan, persepsi profesi Akuntan, pertimbangan pasar kerja terhadap minat mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Populasi penelitian adalah mahasiswa jurusan Akuntansi tahun 2013 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang sebanyak 237 mahasiswa. Sampel dari penelitian ini sebanyak 150 mahasiswa. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling. Metode pengumpulan data penelitian berupa angket. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase dan Structural Equation Modelling (SEM) dengan Partial Least Square (PLS) Regresi Berganda dengan alat analisis Smart PLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan UU Akuntan Publik, biaya pendidikan, lamanya pendidikan dan persepsi profesi Akuntan berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa akuntansi mengikuti PPAk. Sedangkan pertimbangan pasar kerja tidak berpengaruh terhadap minat mahasiswa akuntansi mengikuti PPAk. Pengetahuan UU Akuntan Publik, biaya pendidikan, lamanya pendidikan, persepsi profesi Akuntan dan pertimbangan pasar kerja secara simultan berpengaruh sebesar 89,2%. Secara parsial pengetahuan UU Akuntan Publik berpengaruh sebesar 3,92%, biaya pendidikan berpengaruh sebesar 4,09%, lamanya pendidikan berpengaruh sebesar 2,86%, persepsi profesi Akuntan berpengaruh sebesar 2,91%, dan pertimbangan pasar kerja berpengaruh sebesar 0,59%. Simpulan penelitian berupa pengetahuan UU Akuntan Publik, biaya pendidikan, lamanya pendidikan, persepsi profesi Akuntan berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa akuntansi mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Variabel pertimbangan pasar kerja tidak berpengaruh terhadap minat mahasiswa akuntansi mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Saran yang berkaitan dengan penelitian ini adalah dosen mampu memberikan porsi yang lebih besar terhadap pengetahuan mengenai profesi akuntan, pembekalan keterampilan memprogram aplikasi akuntansi yang nantinya bisa membekali mahasiswa setelah lulus S1, dan bagi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang agar terpacu untuk menyelenggarakan Pendidikan Profesi Akuntansi sehingga minat mahasiswa untuk mengikuti PPAk semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan UU Akuntan Publik, Biaya Pendidikan, Lamanya Pendidikan, Persepsi Profesi Akuntan, Pertimbangan Pasar Kerja dan Minat Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk).
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 May 2019 14:03
Last Modified: 15 May 2019 14:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29868

Actions (login required)

View Item View Item