PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR, TEKANAN ORANG TUA, PERILAKU TEMAN SEBAYA, DAN GENDER TERHADAP KECURANGAN AKADEMIK MAHASISWA AKUNTANSI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Siti Eva Mutoharoh, 7101413060 (2017) PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR, TEKANAN ORANG TUA, PERILAKU TEMAN SEBAYA, DAN GENDER TERHADAP KECURANGAN AKADEMIK MAHASISWA AKUNTANSI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101413060.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (764kB) | Preview

Abstract

Kecurangan akademik dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya kebiasaan belajar, tekanan orang tua, perilaku teman sebaya, dan gender. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa rata-rata mahasiswa akuntansi Universitas Negeri Semarang melakukan kecurangan dalam mencapai tujuan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar, tekanan orang tua, perilaku teman sebaya, dan gender terhadap kecurangan akademik. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi (baik pendidikan maupun nonpendidikan) Universitas Negeri Semarang angakatan 2014-2016 sejumlah 1072 mahasiswa. Jumlah sampel sebanyak 292 dihitung dengan rumus slovin. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling. Variabel terikat pada penelitian ini adalah kecurangan akademik. Kebiasaan belajar, tekanan orang tua, perilaku teman sebaya, dan gender sebagai variabel bebas. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan kebiasaan belajar berpengaruh negatif terhadap kecurangan akademik. Tekanan orang tua tidak berpengaruh signifikan terhadap kecurangan akademik. Perilaku teman sebaya berpengaruh positif signifikan terhadap kecurangan akademik. Mahasiswa laki-laki lebih sering melakukan kecurangan akademik daripada mahasiswa perempuan. Disimpulkan kebiasaan belajar, perilaku teman sebaya, dan gender berpengaruh terhadap kecurangan akademik, sedangkan tekanan orang tua tidak berpengaruh. Saran yang diberikan adalah hendaknya mahasiswa meningkatkan kosentrasi belajarnya agar dapat meminimalisir atau bahkan mencegah terjadinya kecurangan akademik, mahasiswa perlu memilih lingkungan yang kondusif agar tidak mudah terpengaruh dengan perilaku negatif yang dilakukan teman sebaya. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat memperbanyak variabel penelitian dan ruang lingkup sampel yang tidak hanya mahasiswa akuntansi melainkan satu fakultas, universitas, atau bahkan beberapa universitas. Hal ini berdasarkan pada hasil koefisien determinasi yang menunjukkan nilai yang kecil yakni hanya sebesar 27,7%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kecurangan Akademik, Kebiasaan Belajar, Tekanan Orang Tua, Perilaku Teman Sebaya, dan Gender
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 May 2019 14:02
Last Modified: 15 May 2019 14:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29867

Actions (login required)

View Item View Item