PENGARUH DISIPLIN KERJA, KOMPETENSI PEGAWAI DAN LINGKUNGAN KERJA FISIK TERHADAP KINERJA PEGAWAI SEKRETARIAT DPRD KABUPATEN PURBALINGGA


Dwi Irma Fauzi , 7101413051 (2017) PENGARUH DISIPLIN KERJA, KOMPETENSI PEGAWAI DAN LINGKUNGAN KERJA FISIK TERHADAP KINERJA PEGAWAI SEKRETARIAT DPRD KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101413051.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kinerja merupakan suatu hasil yang dicapai oleh seorang pegawai baik kuantitas maupun kualitas pekerjaan sesuai dengan standar dan kriteria yang telah ditentukan dalam kurun waktu tertentu. Kinerja pegawai dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya disiplin kerja, kompetensi pegawai, dan lingkungan kerja fisik. Hasil observasi awal di Sekretariat DPRD Kabupaten Purbalingga menunjukkan bahwa masih terdapat pegawai yang mengerjakan tugas diluar batas waktu yang telah ditentukan, kehadiran pegawai juga masih kurang baik serta antara latar belakang pendidikan dengan pekerjaan yang dibebankan masih belum sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja, kompetensi pegawai, dan lingkungan kerja fisik di Sekretariat DPRD Kabupaten Purbalingga secara simultan dan parsial. Populasi penelitian ini adalah semua pegawai Sekretariat DPRD Kabupaten Purbalingga berjumlah 37 pegawai yang merangkap menjadi sampel penelitian pada penelitian ini (sampel jenuh). Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi, sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan: Y= 15,935+0,171X1+0,340X2+0,524X3. Uji F yang diperoleh Fhitung = 10,269, sehingga H1 diterima. Secara parsial (uji t) disiplin kerja (X1) diperoleh thitung = 2,042 dengan signifikansi 0,049 < 0,05, sehingga H2 diterima. Kompetensi pegawai (X2) diperoleh thitung = 2,146 dengan signifikansi 0,039 < 0,05, sehingga H3 diterima. Lingkungan kerja fisik diperoleh thitung = 2,633 dengan signifikansi 0,013 < 0,05, sehingga H4 diterima. Secara simultan (R2) disiplin kerja, kompetensi pegawai, dan lingkungan kerja fisik berpengaruh terhadap kinerja pegawai sebesar 43,6%. Variabel yang memberikan pengaruh paling besar terhadap kinerja pegawai secara parsial adalah lingkungan kerja fisik yaitu sebesar 17,39%, sedangkan untuk kompetensi pegawai dan disiplin kerja berpengaruh lebih kecil yaitu masing-masing 12,25% dan 11,22%. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan disiplin kerja, kompetensi pegawai dan lingkungan kerja fisik terhadap kinerja pegawai Sekretariat DPRD Kabupaten Purbalingga baik secara simultan maupun parsial. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah pegawai diharapkan mampu menyelesaikan pekerjaan tepat waktu sesuai target yang ditentukan serta pemilihan warna cat dinding lebih diperhatikan sehingga pegawai merasa nyaman dalam bekerja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Pegawai, Disiplin Kerja, Kompetensi Pegawai, dan Lingkungan Kerja Fisik.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 May 2019 14:02
Last Modified: 15 May 2019 14:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29865

Actions (login required)

View Item View Item