Peran Sikap dalam Memediasi Pengaruh Konsep Diri Akademik, Lingkungan Keluarga dan Penghargaan Finansial terhadap Minat Berprofesi sebagai Guru Akuntansi


Nurokhmi Oktaviani, 7101413045 (2017) Peran Sikap dalam Memediasi Pengaruh Konsep Diri Akademik, Lingkungan Keluarga dan Penghargaan Finansial terhadap Minat Berprofesi sebagai Guru Akuntansi. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101413045.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Minat menjadi guru akuntansi dipengaruhi oleh faktor motivasi dan lingkungan. Faktor motivasi diantaranya yaitu motivasi intrinsik, alturistik, dan ekstrinsik, sedangkan faktor lingkungan dapat berupa lingkungan keluarga, teman bergaul, dan lingkungan belajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh konsep diri akademik, lingkungan keluarga dan penghargaan finansial terhadap minat berprofesi sebagai guru akuntansi dengan sikap terhadap profesi guru sebagai variabel intervening pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Semarang angkatan 2013. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Semarang tahun angkatan 2013 yang berjumlah 187 mahasiswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa angket penelitian yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Alat analisis yang digunakan yaitu analisis jalur (path analysis) yang dikalkulasi menggunakan software IBM SPSS vs. 21. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata minat dan sikap mahasiswa pendidikan akuntansi Unnes angkatan 2013 terhadap profesi guru berada pada kategori cukup baik, sedangkan konsep diri akademik, lingkungan keluarga persepsi mahasiswa terhadap penghargaan finansial guru berada pada kategori baik. Secara parsial konsep diri akademik berpengaruh terhadap minat sebesar 6,71%, lingkungan keluarga sebesar 2,56%, penghargaan finansial sebesar 10,3%, dan sikap mahasiswa terhadap profesi guru sebesar 18,58%. Secara parsial konsep diri akademik berpengaruh terhadap sikap sebesar 17,5%, lingkungan keluarga sebesar 2,6%, dan penghargaan finansial sebesar 13,9%. Secara tidak langsung, konsep diri akademik, lingkungan keluarga, dan penghargaan finansial berpengaruh terhadap minat berprofesi sebagai guru akuntansi melalui sikap terhadap profesi guru akuntansi berturut-turut sebesar 23%, 5,6%, dan 16,8%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa sikap mahasiswa terhadap profesi guru akuntansi, dapat memediasi pengaruh konsep diri akademik, lingkungan keluarga, dan penghargaan finansial terhadap minat mahasiswa berprofesi sebagai guru akuntansi pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Semarang tahun angkatan 2013.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat Menjadi Guru, Konsep Diri Akademik, Lingkungan Keluarga, Penghargaan Finansial
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 May 2019 14:01
Last Modified: 15 May 2019 14:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29864

Actions (login required)

View Item View Item