PENGARUH PRAKTIK KERJA INDUSTRI, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN KOMPETENSI KEAHLIAN TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII PROGRAM AKUNTANSI SMK BATIK SAKTI 1 KEBUMEN


Khusnul Khotimah , 7101413042 (2017) PENGARUH PRAKTIK KERJA INDUSTRI, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN KOMPETENSI KEAHLIAN TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII PROGRAM AKUNTANSI SMK BATIK SAKTI 1 KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101413042.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (821kB) | Preview

Abstract

SMK merupakan pendidikan formal yang bertujuan untuk mempersiapkan tenaga kerja tingkat menengah yang potensial sesuai dengan kompetensi keahliannya. Kesiapan kerja siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor baik faktor internal maupun eksternal. Permasalahan penelitian menunjukkan bahwa lulusan SMK Batik Sakti 1 Kebumen tingkat penempatan kerja menurun tiap tahun dan belum terserap secara optimal. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh praktik kerja industri, lingkungan keluarga, dan kompetensi keahlian terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII Program Keahlian Akuntansi SMK Batik Sakti 1 Kebumen. Populasi penelitian ini 129 siswa kelas XII program keahlian akuntansi tahun ajaran 2016/2017, seluruh populasi dijadikan unit analisis. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Analisis deskriptif diperolah bahwa kesiapan kerja dalam kategori baik, praktik kerja industri dalam kategori baik, lingkungan keluarga dalam kategori baik, dan kompetensi keahlian dalam kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik kerja industri, lingkungan keluarga, dan kompetensi keahlian berpengaruh secara simultan terhadap kesiapan kerja (37,80%). Pengaruh secara parsial juga didapatkan pada tiap variabel bebas terhadap variabel terikat. Praktik kerja industri berpengaruh terhadap kesiapan kerja siswa (27,45%), lingkungan keluarga berpengaruh terhadap kesiapan kerja siswa (7,34%), dan kompetensi keahlian berpengaruh terhadap kesiapan kerja siswa (6,35%). Simpulan penelitian ini bahwa praktik kerja industri, lingkungan keluarga, dan kompetensi keahlian berpengaruh signifikan terhadap kesiapan kerja siswa di SMK Batik Sakti 1 Kebumen baik secara simultan maupun parsial. Saran yang diberikan, siswa diharapkan mengikuti pelatihan uji kompetensi, sehingga pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi yang dimiliki semakin baikk. Pihak sekolah diharapkan tetap menjalin kerja sama yang baik dengan pihak DU/DI. Pihak keluarga diharapkan tetap menjaga perlakuan yang baik terhadap anak yang akan mendukung dirinya untuk berkembang ke arah lebih baik. Bagi peneliti selanjutnya hendaknya dapat memperluas objek penelitian dan menambah variabel bebas yang belum diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Praktik Kerja Industri, Lingkungan Keluarga, Kompetensi Keahlian, Kesiapan Kerja.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 May 2019 14:01
Last Modified: 15 May 2019 14:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29862

Actions (login required)

View Item View Item