PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL THINK TALK WRITE DENGAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS VB SD Hj. ISRIATI BAITURRAHMAN 1 SEMARANG


ALIB PALIPUR SETYA WIDODO , 1401410341 (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL THINK TALK WRITE DENGAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS VB SD Hj. ISRIATI BAITURRAHMAN 1 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401410341.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi awal di kelas VB SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang, ditemukan adanya permasalahan menulis karangan narasi dalam pembelajaran. Hal ini dikarenakan guru kurang membimbing siswa dalam menyusun karangan narasi, belum menggunakan model pembelajaran yang inovatif, dan belum digunakannya media pembelajaran. Disamping itu, minat siswa dalam pembelajaran menulis karangan narasi masih rendah. Dari 40 siswa, yang mencapai KKM hanya 18 siswa yaitu sebesar 45%, maka yang tidak dapat mencapai KKM ada 22 siswa atau sebesar 55%. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti memilih model think talk write dengan media gambar seri. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar berupa keterampilan menulis karangan narasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, serta analisis dan refleksi, yang dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri atas satu pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VB SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang. Teknik pegumpulan data menggunakan tes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa keterampilan guru mengalami peningkatan yaitu skor pada siklus I sebesar 25 termasuk kategori baik, meningkat pada siklus II menjadi 33 dan termasuk kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I dengan rata-rata skor sebesar 25,85 termasuk kategori baik, meningkat pada siklus II dengan rata-rata skor sebesar 31,1 dan termasuk kategori sangat baik. Keterampilan menulis karangan narasi pada siklus I dengan rata-rata sebesar 15,25 termasuk kategori baik, meningkat pada siklus II dengan rata-rata sebesar 16,33 dan termasuk kategori sangat baik. Nilai hasil keterampilan menulis siswa pada siklus I dengan rata-rata sebesar 76,25, meningkat pada siklus II dengan rata-rata sebesar 81,63. Simpulan penelitian ini adalah melalui model think talk write dengan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar berupa keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas VB SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang. Saran peneliti adalah model think talk write dengan media gambar seri dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran menulis karangan narasi di kelas lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Menulis Karangan Narasi, Think Talk Write, Gambar Seri.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Cooperative Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 08 Feb 2018 15:33
Last Modified: 08 Feb 2018 15:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29860

Actions (login required)

View Item View Item