KEEFEKTIFAN TEKNIK TOKEN ECONOMY UNTUK MENINGKATKAN STUDENT ENGAGEMENT PADA SISWA KELAS IV SD N PLALANGAN 1 KOTA SEMARANG


Aprilia Myda Hapsari , 1301413130 (2017) KEEFEKTIFAN TEKNIK TOKEN ECONOMY UNTUK MENINGKATKAN STUDENT ENGAGEMENT PADA SISWA KELAS IV SD N PLALANGAN 1 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301413130.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (607kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada fenomena yang ada di kelas IV SD N Plalangan 1 yaitu 19% siswa memiliki tingkat student engagement yang rendah ketika di sekolah, utamanya dalam segi behaviroral. Apabila hal ini dibiarkan tanpa adanya usaha untuk meningkatkannya maka akan terjadi kemungkinan prestasi menurun hingga putus sekolah. Teknik token economy diniliai sebagai salah satu intervensi yang dapat digunakan untuk meningkatkan student engagement. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan teknik token economy untuk meningkatkan student engagagement. Jenis penelitian fokus pada modifikasi perilaku dengan single subject design pola multiple baseline across behavior. Tahapan penelitian mencangkup fase pre-baseline, baseline, dan intervensi. Perilaku yang diubah adalah meningkatkan durasi bergurau dan menurunkan frekuensi mengangkat tangan. Subjek penelitian terdiri dari tiga siswa kelas IV yang terindikasi engagement rendah. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi langsung dengan menggunakan pedoman observasi pencatatan durasi dan frekuensi. Analisis data menggunakan analisis visual grafik. Hasil analisis visual grafik menggunakan mean, level of performance, rapidity behavior change, percentage of overlap of data plotted, dan trend of performance dari masing-masing target behavior dapat diketahui bahwa terjadi perubahan perilaku yang siginifikan antara kondisi baseline dan intervensi. Target behavior menurunkan durasi bergurau dan menaikkan frekuensi mengangkat tangan yang mana merupakan indikator dari behavior engagement dapat tercapai dengan optimal. Sehingga dapat disimpulkan bahwa teknik token economy dinilai efektif untuk meningkatkan behavior engagement. Hasil penelitian berimplikasi secara praktis bahwa konselor atau guru kelas dapat mengimplementasikan token economy sebagai upaya untuk meningkatkan student engagement, namun tetap perlu diperhatikan mengenai prosedur dan konsistensi agar perubahan perilaku yang diharapkan dapat tercaooai dengan optimal. Secara teoritis untuk penelitian modifikasi perilaku selanjutnya dapat menggunakan pola reversal design untuk mengetahui pengaruh kekonsistenan perubahan perilaku lebih mendalam.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: single subject design, student engagement, token economy
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Cooperative Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 08 Feb 2018 15:33
Last Modified: 08 Feb 2018 15:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29859

Actions (login required)

View Item View Item