KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER CINTA DAMAI PADA SISWA KELAS VII B DI SMP NEGERI 1 TAMBAK KABUPATEN BANYUMAS


Dwiana Kartikawati , 1301413118 (2017) KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER CINTA DAMAI PADA SISWA KELAS VII B DI SMP NEGERI 1 TAMBAK KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301413118.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (573kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama dalam meningkatkan karakter cinta damai pada siswa kelas VII B di SMP Negeri 1 Tambak Kabupaten Banyumas. Layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama diharapkan mampu meningkatkan karakter cinta damai pada siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan design penelitian One Group Pretest-Posttest. Penelitian ini dilakukan sebanyak 6 kali pertemuan. Sampel yang digunakan adalah 12 siswa dari kelas VII B SMP Negeri 1 Tambak, Banyumas. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologis dan observasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis dskriptif presentase dan Wilcoxon Match Pairs Test. Hasil penelitian menunjukan bahwa, gambaran secara umum karakter cinta damai pada siswa mengalami peningkatan setelah mendapatkan perlakuan berupa layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama. Karakter cinta damai pada siswa sebelum mendapat perlakuan menunjukan kategori sedang yaitu 67%. Sedangkan karakter cinta damai pada siswa setelah mendapat perlakuan menjukan kategori tinggi yaitu 78%. Hasil uji Wilcoxon dengan n=12 taraf signifikansi 5% menunjukan bahwa Zhitung < Ztabel (3,065 < 14), maka Ho ditolah dan Ha diterima. Simpulan penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan karakter cinta damai pada siswa kelas VII B di SMP Negeri 1 Tambak Kabupaten Banyumas. Guru BK diharapkan dapat memanfaatkan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama sebagai salah satu alternatif dalam upaya meningkatkan karakter cinta damai pada siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: karakter cinta damai; bimbingan kelompok; sosiodrama.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 08 Feb 2018 15:33
Last Modified: 08 Feb 2018 15:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29858

Actions (login required)

View Item View Item