HUBUNGAN ANTARA IKLIM KELAS DAN TASK VALUE (NILAI TUGAS) DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMP SAPURAN WONOSOBO 2017


Rivrina Sugiyanto , 1301413084 (2017) HUBUNGAN ANTARA IKLIM KELAS DAN TASK VALUE (NILAI TUGAS) DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMP SAPURAN WONOSOBO 2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301413084.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (842kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena penundaan terhadap tugas atau perilaku prokrastinasi akademik yang seringkali dilakukan oleh siswa di sekolah. Prokrastinasi akademik dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan internal individu. Salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi munculnya perilaku prokrastinasi adalah kondisi lingkungan. Dalam hal ini peneliti akan melihat kondisi lingkungan siswa di kelas selama kegiatan pembelajaran. Iklim kelas menurut Muijs (2008) adalah sebuah konsep yang luas, mencakup mood (suasana perasaan) atau atmosfer yang diciptakan oleh guru kelas melalui aturan-atura yang ditetapkan, cara guru berinteraksi dengan murid, dan bagaimana lingkungan fisik dikelola. Faktor internal yang mempengaruhi munculnya prokrastinasi akademik adalah kondisi psikologis individu. Besarnya motivasi yang dimiliki seseorang akan mempengaruhi pokrastinasi secara negatif. Semakin tinggi motivasi intrinsik yang dimiliki individu keitika menghadapi tugas, akan semakin rendah kecenderungannya untuk mengalami prokrastinasi akademik. Motivasi instrinsik individu ketika mengerjakan tugas ini juga muncul dikarenakan keinginan atau seberasa besar individu memandang penting terhadap suatu tugas yang dikerjakan. Sudut pandang individu terhadap pentingnya suatu tugas disebut juga sebagai nilai tugas. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara iklim kelas dan task value dengan prokrastinasi akademik baik secara parsial maupun secara bersama-sama. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif korelasional. Sampel yang digunakan berjumlah 107 dari populasi 182 siswa dengan teknik pengambilan sampel cluster sampling. Alat pengumpul data yang digunakan adalah skala iklim kelas, skala task value dan skala prokrastinasi. Adapun teknk analisis data menggunakan regresi. Sebelum dilakukan uji regresi terlebih dahulu dilakukan uji normalitas data, uji multikolinieritas, dan uji heterokedasitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara iklim kelas dengan prokrastinasi akademik (R = 0,538; F(4,102) = 10,386; p<0,01). Kemudian antara task value dengan prokrastinasi akademik juga terdapat hubungan signifikan (R = 0,137; F(3,99) = 8,682; p<0,01). Begitu pula antara iklim kelas dan task value dengan prokrastinasi akademik (R = 0,661; F(7,99) = 10,997; p<0,01).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Iklim Kelas, Task value, Prokrastinasi Akademik
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
L Education > L Education (General) > Motivating Learners
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 08 Feb 2018 15:33
Last Modified: 08 Feb 2018 15:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29856

Actions (login required)

View Item View Item