PROFIL PRIBADI KONSELOR YANG IDEAL MENURUT HARAPAN SISWA BERLATAR BUDAYA JAWA BANYUMASAN DI SMA NEGERI SE- EKS KARESIDENAN BANYUMAS


Sugesti Yoan Ahmad Yani , 1301413080 (2017) PROFIL PRIBADI KONSELOR YANG IDEAL MENURUT HARAPAN SISWA BERLATAR BUDAYA JAWA BANYUMASAN DI SMA NEGERI SE- EKS KARESIDENAN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301413080.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (971kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena rendahnya minat siswa memanfaatkan layanan BK, konsep karakteristik pribadi konselor masih mengacu pada konsep pribadi konselor ideal dengan latar budaya barat, sementara budaya dan individu merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Berdasarkan kondisi tersebut, peneliti bermaksud mendeskripsikan dan menggambarkan bagaimana profil pribadi konselor yang ideal menurut harapan siswa berlatar budaya Jawa Banyumasan. Jenis penelitian yang digunakan ialah survei. Populasi dalam penelitian ini ialah siswa SMA Negeri di SMA Negeri se-Eks Karesidenan Banyumas berjumlah 39.111 siswa. Teknik yang digunakan adalah area sampling dengan jumlah sampel 357 siswa. Alat pengumpul data menggunakan skala harapan. Teknik analisis mengunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan profil pribadi konselor yang ideal menurut harapan siswa ialah pribadi yang mendoakan (99%), memandang semua individu memiliki derajat yang sama/sejajar (egaliter) (95%), beriman dan bertakwa kepada Tuhan (religius) (93%), berjiwa pemimpin (berjiwa ksatria) (92%), cekatan dan rajin (cancudan) (91%), ikhlas dalam menolong (91%), memiliki pengetahuan (90%), memiliki kestabilan emosi (90%), sabar dan mampu menerima ketetapan Tuhan (sabar lan nrima) (90%), bersikap hangat (89%), tutur katanya baik (89%), senang melancong (kluyuran atau ngluyur) (88%), humoris (mbanyol) (88%), empati (88%), amanah (86%), berbicara apa adanya, lugas dan spontan (cablaka/thokmelong/blakasuta) (84%), responsif/ bersikap dinamis (84%), dan memiliki sudut pandang yang luas dalam menyikapi peristiwa (berbudaya kritis) (82%). Simpulan dari penelitian ini ialah karakteristik pribadi konselor yang paling diharapkan oleh siswa ialah karakteristik pribadi yang mendoakan. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi bahan refleksi bagi konselor, kepala sekolah, maupun institusi pendidikan yang mencetak konselor agar konselor dan calon konselor memiliki karakteristik pribadi yang mendukung keberhasilan layanan bimbingan dan konseling di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pribadi konselor, harapan siswa, Jawa Banyumasan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Peak Experience
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 08 Feb 2018 15:33
Last Modified: 08 Feb 2018 15:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29855

Actions (login required)

View Item View Item