KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF TALK UNTUK MENINGKATKAN KEPEMIMPINAN SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 11 SEMARANG


Putri Limaran Sari , 1301413060 (2017) KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF TALK UNTUK MENINGKATKAN KEPEMIMPINAN SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 11 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301413060.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (887kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di SMP Negeri 11 Semarang yang menunjukkan bahwa siswa kelas VIII kurang menunjukkan kepemimpinan siswa, dimana siswa memiliki kemampuan yang tinggi namun yang kelihatan hanya dari luarnya saja, siswa belum bisa menunjukkan potensi yang dimiliki sebagai seorang pemimpin. Data ini diperkuat dengan hasil angket yang diberikan kepada siswa dimana siswa kurang menjadi pemimpin yang tegas, disiplin, belum bisa memberikan contoh agar dipatuhi adik-adik peserta pramuka sehingga dengan adanya masalah tersebut dewan galang sering disepelekan kurang dihargai oleh bawahan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris tentang keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self talk untuk meningkatkan kepemimpinan siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi peelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Semarang yang berjumlah 30 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh sampel penelitian sejumlah 10 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala psikologis yaitu skala kepemimpinan. Analisis data yang digunakan melalui analisis deskriptif presentase dan uji Wilcoxon pairs match. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan siswa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self talk termasuk kategori sedang presentase rata-rata 61,48%. Setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self talk termasuk dalam kategori tinggi dengan presentase 73,24% sehingga terjadi peningkatan sebesar 13%. Selain itu diperoleh data melalui uji Wilcoxon pairs match dengan n=10 taraf signifikansi 5% didapatkan < (0<8) atau Ha diterima dan Ho ditolak. Simpulan penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok dengan teknik self talk dapat meningkatkan kepemimpinan siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Semarang. Sehubungan dengan hasil penelitian ini diharapkan guru BK dapat memanfaatkan layanan bimbingan kelompok dengan sebaik-baiknya untuk membantu siswa dalam meningkatkan kepemimpinan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Teknik Self Talk, Kepemimpinan Siswa.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > Community
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > Solidarity
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 08 Feb 2018 15:33
Last Modified: 08 Feb 2018 15:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29853

Actions (login required)

View Item View Item