PENGARUH KONFORMITAS DAN PERSEPSI SOSIAL POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KENAKALAN REMAJA SISWA DI SMP NEGERI 1 PAKIS AJI KABUPATEN JEPARA


Novi Wahyu Wulandari , 1301413051 (2017) PENGARUH KONFORMITAS DAN PERSEPSI SOSIAL POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KENAKALAN REMAJA SISWA DI SMP NEGERI 1 PAKIS AJI KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301413051.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pakis Aji Kabupaten Jepara yang memiliki tingkat kenakalan remaja rata-rata 70%, sementara itu untuk mengantisipasi adanya konformitas dan persepsi sosial pola asuh orang tua yang diberikan oleh masing-masing orang tua dan guru BK sejak awal tahun ajaran baru. Berdasarkan latar belakang tersebut maka rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) adakah pengaruh konformitas terhadap kenakalan remaja siswa di SMP Negeri 1 Pakis Aji Kabupaten Jepara (2) adakah pengaruh persepsi sosial pola asuh orang tua terhadap kenakalan remaja siswa di SMP Negeri 1 Pakis Aji Kabupaten Jepara dan (3) adakah pengaruh konformitas dan persepsi sosial pola asuh orang tua terhadap kenakalan remaja siswa di SMP Negeri 1 Pakis Aji Kabupaten Jepara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh konformitas dan persepsi sosial pola asuh orang tua terhadap kenakalan remaja. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif korelasional. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMP dengan sampel yang berjumlah 110 dari populasi 159 siswa, menggunakan teknik pengambilan sampel stratified random sampling. Alat pengumpul data menggunakan skala konformitas, kuesioner persepsi sosial pola asuh orang tua dan kuesioner kenakalan remaja yang telah diuji validitasnya dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan dengan teknik regresi berganda, dengan bantuan program statistic SPSS versi 21. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa antara konformitas dengan kenakalan remaja mempunyai pengaruh yang signifikan (R= 0,784, p = <0,254), kemudian antara persepsi sosial pola asuh orang tua dengan kenakalan remaja juga memiliki pengaruh yang signifikan (R= 0,814, p = <0,254). Begitu pula antara konformitas dan persepsi sosial pola asuh orang tua terhadap kenakalan remaja memiliki pengaruh yang signifikan (R= 0,724, p = <0,254). Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara konformitas dan persepsi sosial pola asuh orang tua terhadap kenakalan remaja. Oleh karena itu disarankan agar guru BK dapat memberikan pelayanan BK Komprehensif terutama layanan responsif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: konformitas; persepsi sosial pola asuh orang tua; kenakalan remaja
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > Parenting
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > Solidarity
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 08 Feb 2018 15:34
Last Modified: 08 Feb 2018 15:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29852

Actions (login required)

View Item View Item