KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM LAYANAN DASAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SEX EDUCATION SISWA KELAS VI SDN SADENG 1


Myra Damayanti , 1301413019 (2017) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM LAYANAN DASAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SEX EDUCATION SISWA KELAS VI SDN SADENG 1. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301413019.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (901kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di kelas enam SDN Sadeng 1, Semarang, yaitu rata-rata siswa memiliki pemahaman sex education yang rendah dan materi sex education belum ada dikurikulum yang diajarkan. Penggunaan media gambar dalam layanan dasar dapat membantu siswa menambah pemahaman sehingga dapat memiliki pemahaman sex yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah layanan dasar dengan media gambar efektif meningkatkan pemahaman sex education siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen one group pre-test post-test design. Penelitian ini dilaksanakan delapan kali pertemuan dengan subjek penelitian 18 siswa. Teknik sampling menggunakan sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tentang sex education kepada guru dan tes pemahaman sex education siswa. Instrumen tes telah diuji validatas dan reliabilitas dengan ahli dibidang sex education dan diuji cobakan kepada siswa. Hasil uji validitas terhadap 50 butir soal diperoleh 45 soal yang valid dan uji reliabilitas menunjukkan bahwa instrument yang digunakan reliabel (0,937>0,6). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif prosentase dan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman sex education siswa sebelum dan setelah diberikan treatment berupa layanan dasar dengan media gambar tentang sex education mengalami peningkatan. Layanan dasar dengan media gambar efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman sex education siswa kelas VI sekolah dasar. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon diperoleh (Z= -3,727, p <0,05), maka hipotesis diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa setelah diberikan treatment berupa layanan dasar dengan media gambar tentang sex education terdapat peningkatan pemahaman pada siswa kelas enam SDN Sadeng 1 Semarang. Saran yang dapat diberikan hendaknya guru kelas untuk dapat memperkenalkan (mensosialisasikan) dan mengembangkan lebih lanjut pemahaman sex education kepada para siswa sebagai salah satu saran dalam pengembangan diri siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: sex education, layanan Dasar, media gambar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 08 Feb 2018 15:34
Last Modified: 08 Feb 2018 15:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29850

Actions (login required)

View Item View Item