HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA DENGAN KEMAMPUAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR PADA SISWA KELAS XI DI SMA N 8 SEMARANG


Rizki Nur Amalia , 1301412104 (2017) HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA DENGAN KEMAMPUAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR PADA SISWA KELAS XI DI SMA N 8 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301412104.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (672kB) | Preview

Abstract

Pengambilan keputusan karir pasti dilakukan oleh hampir setiap orang, termasuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Siswa SMA dituntut untuk mempunyai kemampuan dalam hal pengambilan keputusan karir. Kemampuan tersebut dapat terwujud melalui sikap dimana siswa mampu untuk memahami keadaan dirinya, mengerti apa yang harus dilakukan, serta bertanggungjawab terhadap keputusannya. Salah satu faktor yang mempunyai andil dalam pengambilan keputusan karir siswa yaitu orang tua, termasuk didalamnya pola asuh yang diterapkan oleh orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan pola asuh demokratis orang tua dengan kemampuan pengambilan keputusan karir pada siswa kelas XI di SMA N 8 Semarang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA N 8 Semarang sejumlah 152 siswa, dan sampel sejumlah 100 siswa menggunakan teknik proportionate random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket pola asuh demokratis orang tua dan skala psikologis kemampuan pengambilan keputusan karir. Pengujian validitas menggunakan rumus product moment dari Pearson, dan pengujian reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase dan korelasi product moment. Dari hasil analisis deskriptif diperoleh rata-rata tingkat kemampuan pengambilan keputusan karir siswa termasuk dalam kategori tinggi dengan persentase sebesar 70,94% dan rata-rata tingkat pola asuh demokratis orang tua termasuk dalam kategori baik sebesar 76,08%. Hasil analisis statistik korelasi diperoleh nilai koefisien korelasi r = 0,481 (r > 0,195) dengan signifikansi p = 0,000 (p < 0,05). Maka dari itu hipotesis yang menyatakan “ada hubungan antara pola asuh demokratis orang tua dengan kemampuan pengambilan keputusan karir pada siswa kelas XI di SMA N 8 Semarang” diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa (1) kemampuan pengambilan keputusan karir siswa termasuk dalam kategori tinggi, (2) pola asuh demokratis orang tua termasuk dalam kategori baik, (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh demokratis orang tua dengan kemampuan pengambilan keputusan karir siswa. Dalam hal ini guru BK dapat memberikan layanan karir pada siswa untuk mempertahankan bahkan meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan karir dan pemberian layanan karir pada orang tua untuk memberikan informasi penerapan pola asuh yang berdampak positif bagi anak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pola asuh demokratis orang tua; kemampuan pengambilan keputusan karir
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > Parenting
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 08 Feb 2018 15:34
Last Modified: 08 Feb 2018 15:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29849

Actions (login required)

View Item View Item