ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN KALIMAT PASIF PADA KARANGAN MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNNES


Filladelfia Ardheani I.M , 2302411046 (2015) ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN KALIMAT PASIF PADA KARANGAN MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2302411046.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (397kB) | Preview

Abstract

Ada 5 aspek kebahasaan dalam mempelajari bahasa Jepang yaitu huruf, kosakata, sistem pengucapan, gramatika dan ragam bahasa. Salah satu aspek yang penting adalah gramatika yang bermanfaat dalam memahami bahasa Jepang. Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan oleh penulis dengan menyebarkan angket kepada mahasiswa semester VI prodi Pendidikan Bahasa Jepang Unnes, ditemukan bahwa mahasiswa mengalami kendala dalam kalimat pasif. Penulis melakukan penelitian ini untuk mengetahui contoh masalah apa saja yang dialami mahasiswa melalui contoh-contoh kesalahan mahasiswa dalam karangan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk (i) mengetahui kesalahan apa saja yang dihadapi mahasiswa semester VI dalam menggunakan kalimat pasif bahasa Jepang, (ii) mengetahui apa saja penyebab mahasiswa mengalami kesalahan dalam menggunakan kalimat pasif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data yang dipakai dalam penelitian ini ialah kesalahan penggunaan kalimat pasif dalam karangan. Sumber datanya ialah karangan mahasiswa semester VI prodi Pendidikan Bahasa Jepang Unnes. Kemudian teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik simak catat. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa jenis kesalahan yang paling banyak dilakukan mahasiswa semester VI pada kalimat pasif adalah kesalahan akibat terpengaruh bahasa Indonesia, yang kedua disusul kesalahan dalam menggunakan partikel dan yang terakhir adalah kesalahan dalam perubahan kata kerja bentuk pasif. Kemudian penyebab mahasiswa melakukan kesalahan adalah kurangnya pemahaman akan penggunaan kalimat pasif bahasa Jepang yang berbeda dengan bahasa Indonesia, kurangnya pemahaman akan struktur kalimat pasif bahasa Jepang yang tidak dapat menggunakan unsur modalitas seperti kalimat pasif bahasa Indonesia, mahasiswa masih belum dapat membedakan perubahan kata kerja bentuk pasif dengan bentuk dapat, serta kurangnya ketelitian mahasiswa dalam menggunakan partikel dan kata kerja yang tepat maupun penulisan kanji yang tepat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis, kalimat pasif, karangan
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 08 Feb 2018 11:49
Last Modified: 08 Feb 2018 11:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29847

Actions (login required)

View Item View Item