PENGARUH PRAKTIK KERJA INDUSTRI, LINGKUNGAN KELUARGA, MINAT KERJA, DAN PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR PADA TINGKAT KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 KUDUS


Indah Purnamasari , 7101413142 (2017) PENGARUH PRAKTIK KERJA INDUSTRI, LINGKUNGAN KELUARGA, MINAT KERJA, DAN PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR PADA TINGKAT KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101413142.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (585kB) | Preview

Abstract

SMK merupakan salah sekolah menengah kejuruan yang orientasinya menyiapkan siswa terjun langsung ke dunia kerja setelah lulus. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di SMK Negeri 1 Kudus menunjukkan bahwa kesiapan kerja siswa yang sudah optimal, dengan kondisi saat ini jumlah pengangguran di Indonesia mencapai 7,03 juta jiwa, semakin meningkatnya daya saing dalam dunia kerja SMK Negeri 1 Kudus mampu meningkatkan keterserapan kerja di dunia kerja. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya lulusan yang langsung bekerja setelah lulus, yaitu sebesar 74%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh praktik kerja industri, lingkungan keluarga, minat kerja, dan pemanfaatan fasilitas belajar pada tingkat kesiapan kerja siswa kelas XII program keahlian administrasi perkantoran SMK Negeri 1 Kudus. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII program keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Kudus. Jumlah populasi penelitian sebanyak 74 siswa dan digunakan semua sebagai sampel penelitian sehingga disimpulkan bahwa penelitian ini adalah penelitian populasi karena sampel kurang dari 100. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Data variabel dianalisis dengan regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja yaitu sebesar 11, 56%. Lingkungan keluarga terhadap kesiapan kerja yaitu sebesar 12,18%. Minat kerja terhadap kesiapan kerja yaitu sebesar 45,56%. Pemanfaatan fasilitas belajar terhadap kesiapan kerja yaitu sebesar 11,35%. Simpulan dari penelitian ini yaitu bahwa secara parsial pengaruh praktik kerja industri, lingkungan keluarga, minat kerja, dan pemanfaatan fasilitas belajar berpengaruh terhadap kesiapan kerja siswa. Saran dalam penelitian ini yaitu bagi guru pembimbing agar memantau siswa ketika praktik kerja industri, bagi sekolah diharapkan mampu menjalin relasi dengan pihak luar sekolah guna mendatangkan buku-buku mata pelajaran dan buku-buku penunjang untuk setiap mata pelajaran, bagi siswa agar rajin membaca buku yang berkaitan dengan administrasi perkantoran. SMK is a vocational school which has purpose to prepare students directly involved to work field after graduate. Based on early observaion in SMK Negeri 1 Kudus indicated student’s work readiness have been optimal. Current condition shows that the number of unemployment people in Indonesia reaches 7,03 million. As the increasing of competitor in work field, SMK Negeri 1 Kudus are able to keep up the work absorption. It could be seen from the number of graduates which immidiately getting work, that is 74%. The purpose of the research is to find out whether industrial training, family environment, work interest and learning facility utilization influence work readiness level of XII Office Administration students of SMK Negeri 1 Kudus or not. The population of the research is students of XII Office Administration Program of SMK Negeri 1 Kudus. The number of research population is 74 students and all were used as the research sample. So, it was categorized as population research because the number of the sample was less than 100. Data collection methods was using questionnaire and documentation. Data variable was analysed by doubled linear regresion. The analysis showed that partially industrial training influences work readiness up to 11,56%. Family environment influences work readiness up to 12,18%. Work interest influences work readiness up to 45,56%. Learning facility utilization influences work readiness up to 11,35%. The conclusion of the research are partially industrial training, family environment, work interest, and learning facility utiilization involving students’ work readiness. School is expected to be able to build relationship with outside parties to bring about text books and supporting books for all lessons. Students should frequently read books related to office administration.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Praktik Kerja Industri, Lingkungan Keluarga, Minat Kerja, Pemanfaatan Fasilitas Belajar, Kesiapan Kerja Industry Practical Internship, Family Environment, Work Interest and Learning Facility Utilization, Work Readiness.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 08 Feb 2018 10:50
Last Modified: 08 Feb 2018 10:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29840

Actions (login required)

View Item View Item