KEEFEKTIFAN LAYANAN INFORMASI MENGGUNAKAN VIDEO MOTIVASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI SENDANGMULYO 04 SEMARANG


Widya Ari Kusumadani , 1301412042 (2017) KEEFEKTIFAN LAYANAN INFORMASI MENGGUNAKAN VIDEO MOTIVASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI SENDANGMULYO 04 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301412042.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (971kB) | Preview

Abstract

Motivasi belajar merupakan dorongan internal dan ekternal pada siswa-siswa yang sedang belajar untuk mengadakan perubahan tingkah laku. Motivasi belajar sangat penting bagi siswa agar mempunyai semangat belajar yang tinggi. Berdasarkan fenomena di SD Negeri Sendangmulyo 04 Semarang yaitu SD Negeri Sendangmulyo 04 Semarang yang menunjukkan bahwa siswa kelas V menyatakan bahwa beberapa siswa kurang mempunyai motivasi belajar yang tinggi sehingga perlu mendapatkan motivasi terlebih mereka akan naik ke kelas VI. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti ingin mengetahui: (1) bagaimana deskripsi motivasi belajar siswa kelas V di SD Negeri Sendangmulyo 04 Semarang (2) Bagaimana keefektifan layanan informasi menggunakan video motivasi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SD Negeri Sendangmulyo 04 Semarang. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen dan desain penelitian Pre Eksperimental Design dengan One Group Pre-Test and Post-Test Design. Variabel bebas adalah layanan informasi menggunakan video motivasi (X), motivasi belajar siswa (Y). Populasi penelitian seluruh siswa kelas V SD Negeri Sendangmulyo 04 Semarang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, sampel diambil 2 kelas dari seluruh siswa kelas V SD N Sendangmulyo 04 Semarang yang terdiri dari 3 kelas. Pengumpulan data menggunakan skala psikologi, metode analisis adalah deskriptif prosentase dan uji T-test. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai terendah dari perbedaan (lower) = 4,284, dalam tabel paired samples test. Sedangkan ttabel = 2,003. Jadi, nilai lower = 4,284 > ttabel = 2,003, maka hipotesis diterima. Kesimpulannya bahwa layanan informasi menggunakan video motivasi efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Peneliti menyarankan supaya di SD Negeri Sendangmulyo 04 Semarang memiliki guru Bimbingan dan Konseling. Diharapkan Guru Mapel juga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa misalkan dengan menyisipkan ke dalam materi pelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, Layanan informasi, video motivasi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 08 Feb 2018 11:47
Last Modified: 08 Feb 2018 11:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29834

Actions (login required)

View Item View Item