PENGARUH KONSELING INDIVIDUAL DENGAN TEKNIK PLAY THERAPY DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI SD N SUKOREJO 01 GUNUNGPATI SEMARANG TAHUN AJARAN 2016/2017


Nur Kelana Lestari , 1301412008 (2017) PENGARUH KONSELING INDIVIDUAL DENGAN TEKNIK PLAY THERAPY DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI SD N SUKOREJO 01 GUNUNGPATI SEMARANG TAHUN AJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301412008.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (870kB) | Preview

Abstract

Play therapy. Keterampilan Sosial merupakan salah satu hal penting dalam kehidupan begitu pula setiap siswa-siswi di sekolah. Dengan adanya keterampilan sosial yang baik maka siswa dalam mengembangkan dirinya dengan optimal baik dalam hal akdemis mapun non akdemis. Berdasarkan hasil praktek lapangan melalui observasi, wawancara terhadap wali kelas V SD N Sukorejo 01, Gunungpati Semarang didapatkan hasil bahwa sebagaian siswa memiliki keterampilan sosial yang rendah. Berdasarkan latar belakang tersebut maka rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh konseling individu dengan tekniki play therapy dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa di SD N Sukorejo 01 Gunungpati Semarang.Tujuan dari penelitian yakni membuktikan adakah pengaruh layanan konseling individu dengan teknik play therapy untuk meningktatkan keterampilan sosial siswa pada siswa kelas V SD Negeri Sukorejo 01 Gunungpati Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas V dengan populasi 31 siswa, sampelnya 5 siswa. Alat pengumpul data yang digunakan adalah skala psikologi keterampilan sosial dengan teknik analisis data diskriptif presentase dan analisis wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh layanan konseling individu dengan teknik play therapy pada keterampilan sosial dengan kenaikan 25,25% dari 50,29% menjadi 75,54% dengan kategori Tinggi. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan wilcoxon test Signed- Rank tarap signifikasi 5% memperolah hasil -2, 023 > 0, 043 dengan kata lain konseling individu dengan teknik play therapy berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh layanan konseling individu dengan teknik play therapy dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa di SD Negeri Sukorejo 01 Gunungpati Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan sosial; konseling Individu;
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 08 Feb 2018 11:47
Last Modified: 08 Feb 2018 11:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29833

Actions (login required)

View Item View Item