PENGARUH LAYANAN INFORMASI TERHADAP KESALAHAN PERSEPSI SISWA TENTANG PELAYANAN BIMBINGAN KONSELING PADA SISWA KELAS X MIA 6 DI SMA NEGERI 5 SEMARANG


Ticka Herawati Azizah , 1301411026 (2017) PENGARUH LAYANAN INFORMASI TERHADAP KESALAHAN PERSEPSI SISWA TENTANG PELAYANAN BIMBINGAN KONSELING PADA SISWA KELAS X MIA 6 DI SMA NEGERI 5 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301411026.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (957kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena di SMA Negeri 5 Semarang yang menunjukkan adanya kesalahan persepsi tentang bimbingan konseling . Permasalahan terkait dilakukan pengurangan kesalahan persepsi siswa tentang pelayanan bimbingan konseling. Adakah pengaruh layanan informasi terhadap kesalahan persepsi siswa tentang pelayanan bimbingan konseling pada siswa kelas X Mia 6 di SMA Negeri 5 Semarang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh layanan informasi terhadap persepsi siswa tentang pelayanan bimbingan konseling . Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pre eksperimental design dengan one group pre test post test . Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Mia 6 berjumlah 32 siswa yang diambil dengan purposive sampling . Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan skala psikologis dengan teknik analisis data berupa data deskriptif persentase dan uji beda (t-test) . Hasil penelitian menunjukkan prosentase rata-rata kesalahan persepsi siswa sebelum diberikan layanan 70,16% dan setelah diberikan layanan 64,37% dengan pengurangan sebesar 5,78% . Hasil analisis uji beda menunjukkan t.hitung = 6.34 dengan t.tabel 2.045 , maka nilai t.hitung > t.tabel atau bisa dikatakan bahwa hipotesis diterima . Simpulan dalam penelitian ini bahwa layanan informasi dapat mengurangi kesalahan persepsi siswa tentang pelayanan bimbingan konseling hal ini terbukti dengan hasil uji-t t.hitung> t.tabel yang menghasilkan ho di tolak dan ha diterima. Sehingga dapat dikatakan bahwa layanan informasi berpengaruh secara positif pada kesalahan persepsi siswa kelas X MIA 6 di SMA Negeri 5 Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kesalahpahaman , persepsi , pelayanan bimbingan konseling , layanan informasi .
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 08 Feb 2018 11:47
Last Modified: 08 Feb 2018 11:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29832

Actions (login required)

View Item View Item