PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DITINJAU DARI POLA ASUH ORANG TUA PADA KELAS XI SMA TEUKU UMAR SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Rieny Kharisma Putri , 1301412096 (2017) PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DITINJAU DARI POLA ASUH ORANG TUA PADA KELAS XI SMA TEUKU UMAR SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301412096.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (951kB) | Preview

Abstract

Motivasi belajar sangat penting, yang memberikan semangat, arah, dan kegigihan dalam proses belajar disekolah. Pemberian pola pengasuhan yang tepat harusnya juga diikuti motivasi belajar anak yang bagus. Namun pada kenyataanya motivasi belajar yang dimiliki anak cenderung bervariasi, siswa yang memiliki motivasi yang tinggi maupun yang rendah dalam suatu kondisi yang sama. Hal ini salah satunya dipengaruhi oleh pola asuh orang tua. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang perbedaan motivasi belajar ditinjau dari pola asuh orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan motivasi belajar siswa ditinjau dari pola asuh orang tua pada kelas XI SMA Teuku Umar Semarang. Metode yang digunakan adalah metode penelitian Ex post facto dengan jenis komparatif. Penelitian ini menggunakan penelitian populasi dengan subjek penelitian sebanyak 102 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala motivasi belajar dan skala pola asuh orang tua. Pengujian validitas dan reliabilitas menggunakan rumus product moment dan rumus alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 63% siswa diasuh dengan pola asuh demokratis dengan motivasi belajar 75,1% (tinggi), 19,6% siswa diasuh dengan pola asuh otoriter dengan motivasi 68,1%(sedang) dan 16,7% diasuh dengan pola asuh permisif dengan motivasi 65,8% (sedang). Berdasarkan uji homogenitas dan normalita, dinyatakan bahwa data homogen dan berdistribusi normal, sehingga menggunajan uji hipotesis anava. Berdasarkan hasil uji anava diperoleh nilai Fhitung = 17,371 dengan sig = 0,000 , maka dihasilkan bahwa F hitung 17,37 > dari F tabel 2,46 maka H0 ditolak, dengan kata lain dapat disimpulkan terdapat perbedaan motivasi belajar siswa antara siswa yang diasuh dengan pola asuh otoriter, demokratis dan permisif. Simpulan: terdapat perbedaan motivasi belajar siswa antara siswa yang diasuh dengan pola asuh otoriter, demokratis dan permisif. Siswa yang diasuh dengan pola asuh demokratis memiliki motivasi belajar tertinggi. Motivasi belajar siswa dengan pola asuh otoriter termasuk dalam kategori sedang. Motivasi belajar siswa dengan pola asuh permisif adalah dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, Pola Asuh Orang Tua,
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
L Education > L Education (General) > Motivating Learners
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 08 Feb 2018 11:48
Last Modified: 08 Feb 2018 11:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29829

Actions (login required)

View Item View Item