HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DENGAN KEMATANGAN KARIR SISWA KELAS XII DI SMA NEGERI 3 PONOROGO TAHUN AJARAN 2016/2017
Sella Dwi Fatmalasari , 1301412058 (2017) HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DENGAN KEMATANGAN KARIR SISWA KELAS XII DI SMA NEGERI 3 PONOROGO TAHUN AJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (692kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berdasarkan fenomena yang terkait dengan kondisi kematangan karir siswa SMA di Ponorogo menunjukkan kematangan karir siswa tergolong rendah seperti observasi yang dilakukan pada SMA N 3 Ponorogo, SMA N 1 Jetis dan SMA Muhamadiyah 3 Jetis. Secara umum hasil wawancara dengan beberapa guru BK memberikan jawaban yang hampir sama yaitu kurangnya kematangan karir siswa terutama pada kelas XII. Khususnya di SMA tersebut dari hasil wawancara yang dilakukan peneliti dengan guru BK di SMA Negeri 3 Ponorogo. Guru BK mengatakan bahwa siswa SMA banyak yang belum mengetahui arah kemana mereka akan melanjutkan studinya nanti. Dampak yang sangat terlihat yaitu waktu kelas XII siswa susah menentukan pilihan dan terlihat masih gundah gulana. Banyak juga dari mereka yang mengambil jurusan hanya ikut-ikutan dengan temannya karena pengetahuan mereka tentang studi lanjut sangatlah kurang. Kematangan karir seseorang dipengaruhi oleh faktor internal (faktor yang muncul dari dalam diri) dan eksternal (faktor yang muncul daripengaruh lingkungan) individu. Salah satu faktor yang mempengaruhi kematangan karir adalah self efficacy. Dengan demikian, tujuan penelitian ini untuk mengetahui deskripsi tingkat self efficacy dan kematangan karir, serta hubungan antara self efficacy dengan kematangan karir siswa SMA. Jenis penelitiannya adalah deskriptif kuantitatif korelasional. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah self efficacy (X) dan variabel terikatnya adalah penggunaan kematangan karir (Y). Populasi dalam penelitian ini sebanyak 320 siswa kelas XII IPA dan IPS. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling sehingga diperoleh jumlah sampel 76 siswa. Pengumpulan data menggunakan skala psikologi dan dokumentasi. Pengujian validitas menggunakan product moment dan pengujian reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif persentase, product moment, dan korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat self efficacy dalam kategori sedang (82,89%) dan tingkat kematangan karir siswa dalam kategori sedang yaitu sebesar (53,95%). Kemudian pada hubungan antara variabel, memperoleh hasil positif dan signifikan antara self efficacy dengan kematangan karir dengan koefisien korelasi r hitung = 0,517 apabila dibandingkan dengan r tabel = 0,517 maka diperoleh r hitung = r tabel. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara self efficacy dan kematangan karir. Jika tingkat self efficacy tinggi maka tigkat kematangan karir akan tinggi dan jika tingkat self efficacy rendah maka tingkat kematangan karir akan rendah pula.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | self efficacy ; kematangan karir. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1) |
Depositing User: | Akhmad Abdul Hakim |
Date Deposited: | 08 Feb 2018 11:48 |
Last Modified: | 08 Feb 2018 11:48 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29828 |
Actions (login required)
View Item |