HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN EFIKASI DIRI DENGAN SELF REGULATED LEARNING PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN MAJENANG TAHUN AJARAN 2016/2017


Endriati , 1301412057 (2017) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN EFIKASI DIRI DENGAN SELF REGULATED LEARNING PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN MAJENANG TAHUN AJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301412057.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (940kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan fenomena yang terjadi di salah satu SMP Negeri di Kecamatan Majenang, berdasarkan hasil DCM yang dibagikan kepada siswa SMP menunjukan bahwa siswa memilki kebiasaan belajar yang buruk. Selain itu siswa sering mencontek ketika ujian, mengerjakan PR di sekolah, dan datang ke sekolah terlambat. Faktor yang mempengaruhi diantaranya adalah siswa kurang percaya diri terhadap kemampuan yang dimiliki dan siswa belum mampu mengontrol emosi yang ada pada dirinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan self regulated learning, hubungan antara efikasi diri dengan self regulated learning, dan hubungan antara kecerdasan emosional dan efikasi diri dengan self regulated learning pada siswa SMP. Jenis penelitiannya kuantitatif korelasional. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kecerdasan emosional, efikasi diri dan variabel terikatnya adalah self regulated learning . Populasi dalam penelitian ini sebanyak 819 siswa kelas VIII. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling sehingga diperoleh jumlah sampel 205 dari 819 siswa. Pengumpulan data menggunakan skala kecerdasan emosional, skala efikasi diri, dan skala self regulated learning dengan uji validitas menggunakan rumus product momen.Koefisien Validitas skala-skala tersebut adalah: skala kecerdasan emosional .216- .500, skala efikasi diri .145- .645, skala self regulated learning .139- .550 dengan nilai alpha Cronbach masing-masing variabel koefisien > 0,7. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis korelasi sederhana dan korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukan (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan self regulated learning (rxy = 0,553; p<0,05), (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara efikasi diri dengan self regulated learning (rxy = 0,703; p<0,05), (3) terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dan efikasi diri dengan self regulated learning (R = 0,783 ≥ 0,138; p<0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara kecedasan emosional dan efikasi diri dengan self regulated learning. Jika kecerdasan emosional dan efikasi diri semakin meningkat, maka self regulated learning siswa semakin tinggi. Sedangkan jika kecerdasan emosional dan efikasi diri semakin rendah, maka self regulated learning siswa semakin rendah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan emosional, efikasi diri, self regulated learning
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 08 Feb 2018 11:48
Last Modified: 08 Feb 2018 11:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29827

Actions (login required)

View Item View Item