SELF-TALK DAN VISUAL IMAGE PADA SISWA YANG MENGALAMI KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN KELAS SMP NEGERI 5 PURBALINGGA


Syifa Hanifati , 1301412044 (2017) SELF-TALK DAN VISUAL IMAGE PADA SISWA YANG MENGALAMI KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN KELAS SMP NEGERI 5 PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301412044.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (397kB) | Preview

Abstract

Kecemasan berbicara di depan kelas adalah suatu perasaan takut seseorang ketika menghadapi suatu situasi yang tidak dapat diatasinya dan mengancam baik secara nyata ataupun imajinasi. Berdasarkan fenomena yang ditemukan peneliti, banyak siswa SMP yang mengalami kecemasan berbicara di depan kelas. Mereka sering merasa ketakutan dan cemas ketika berada di depan kelas. Hal ini disebabkan adanya faktor luar dan faktor dalam individu. Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah self-talk dan visual image. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi yang objektif, mendalam dan menyeluruh tentang self-talk dan visual image siswa yang mengalami kecemasan berbicara di depan kelas SMP Negeri 5 Purbalingga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Tempat penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 5 Purbalingga. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah lima siswa SMP Negegi 5 Purbalingga yang mengalami kecemasan berbicara di depan kelas. Sedangkan sumber sekunder adalah guru BK, guru mata pelajaran, teman dekat, dan orang tua. Teknik pengambilan sampel menggunakan porposive sampling. Teknik pengumpilan data berupa observasi dan wawancara. Pengujian keabsahan data memggunakan ketekunan pengamatan yang disertai dengan triangulasi sumber. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan model analisis interaktif oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setiap subjek memiliki self-talk positif, self-talk negatif, dan visual image. Visual image yang dimiliki siswa adalah mental imagery, positive imagery dan goal rehearsal imagery. Dari penemuan tersebut, self-talk negatif dan mental imagery memiliki pengaruh yang lebih besar dibandingkan self-talk positif, positive imagery, rehearsal imagery. Simpulan dari penelitian ini adalah siswa selalu melakukan self-talk negatif dan mental imagery yang menjadi penyebab adanya kecemasan. Oleh karena itu, siswa mencoba menguranginya dengan self-talk positif, positive imagery, dan goal rehearsal imagery. Walaupun pengaruh yang diberikan tidak terlalu besar. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa adalah guru bimbingan dan konseling dapat memanfaatkan sisi positif siswa untuk mengatasi masalah siswa dan menambah wawasan teknik konseling melalui MGBK, kepala sekolah dan guru mapel memberi kesempatan tampil.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Self-talk, visual image, kecemasan berbicara di depan kelas.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
L Education > L Education (General) > Interactive Learning
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 08 Feb 2018 11:47
Last Modified: 08 Feb 2018 11:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29826

Actions (login required)

View Item View Item