PENGARUH KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DAN KONSEP DIRI TERHADAP BENTUK-BENTUK CYBERBULLYING PADA SISWA SMA NEGERI 10 SEMARANG TAHUN AJARAN 2016/ 2017


Aulia Kusuma Dewi , 1301412043 (2017) PENGARUH KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DAN KONSEP DIRI TERHADAP BENTUK-BENTUK CYBERBULLYING PADA SISWA SMA NEGERI 10 SEMARANG TAHUN AJARAN 2016/ 2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301412043.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (504kB) | Preview

Abstract

Peningkatan kasus cyberbullying pada remaja secara kuantitatif dan kualitas mendorong pentingnya identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh konformitas teman sebaya dan konsep diri terhadap cyberbullying pada remaja. Sampel penelitian adalah 182 orang siswa SMA Negeri 10 Semarang yang memiliki akun jejaring sosial dan aktif mengaksesnya minimal sekali dalam sehari, serta memiliki skor cyberbullying termasuk kategori sedang dan tinggi. Sampel diperoleh secara purposive sampling. Data penelitian diperoleh menggunakan kuesioner yang kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian adalah (1) Mayoritas siswa SMA Negeri 10 Semarang memiliki cyberbullying yang tergolong rendah (65,9%); (2) Mayoritas siswa SMA Negeri 10 Semarang memiliki konformitas teman sebaya yang tergolong sedang (67,6%); (3) Mayoritas siswa SMA Negeri 10 Semarang memiliki konsep diri yang tergolong cukup positif (64,8%); (4) Semakin tinggi konformitas teman sebaya maka semakin tinggi cyberbullying siswa SMA Negeri 10 di Kota Semarang (t = 7,399 dan p<0,05); (5) Semakin negatif konsep diri maka semakin tinggi cyberbullying siswa SMA Negeri 10 di Kota Semarang (t = -9,235 dan p<0,05) (6) Konformitas teman sebaya dan konsep diri berpengaruh terhadap cyberbullying siswa SMA Negeri 10 Semarang (F = 120,051 dan p<0,05). Simpulan adalah cyberbullying siswa SMA Negeri 10 Semarang tergolong rendah, konformitas teman sebaya yang tergolong sedang, dan konsep diri yang tergolong cukup positif. Konformitas teman sebaya dan konsep diri berhubungan secara signifikan dengan cyberbullying pada siswa SMA Negeri 10 Semarang. Oleh karena itu, penting mempertimbangkan kelompok sosial dan konsep diri untuk menurunkan cyberbullying pada remaja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: cyberbullying, konformitas teman sebaya, konsep diri, dan remaja
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > Community
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > Community Disease
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 08 Feb 2018 11:47
Last Modified: 08 Feb 2018 11:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29825

Actions (login required)

View Item View Item