PEMULIHAN TRAUMA TERHADAP PERILAKU EMOSI ANAK USIA DINI PASCA BENCANA TANAH LONGSOR DI DUSUN JEMBLUNG DESA SAMPANG KECAMATAN KARANGKOBAR KABUPATEN BANJARNEGARA (Studi Deskriptif Pemulihan Trauma oleh Muhammadiyah Disaster Management Center)


Putri Taliningtyas , 1601410029 (2017) PEMULIHAN TRAUMA TERHADAP PERILAKU EMOSI ANAK USIA DINI PASCA BENCANA TANAH LONGSOR DI DUSUN JEMBLUNG DESA SAMPANG KECAMATAN KARANGKOBAR KABUPATEN BANJARNEGARA (Studi Deskriptif Pemulihan Trauma oleh Muhammadiyah Disaster Management Center). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601410029.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Bencana tanah longsor menimpa wilayah Banjarnegara, tepatnya di Dusun Jemblung Desa Sampang Kecamatan Karangkobar. Sebuah peristiwa bencana menjadi salah satu sumber timbulnya trauma. Trauma pada anak usia dini, dapat memasuki tahap pengulangan baik secara emosional maupun secara perilaku anak akan memainkan kembali peristiwa traumatik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih lanjut tentang bentuk-bentuk perilaku emosi pada anak usia dini yang trauma pasca bencana tanah longsor di Dusun Jemblung, metode pemulihan trauma terhadap perilaku emosi anak usia dini pasca bencana tanah longsor, serta faktor yang mempengaruhi pemulihan trauma pada anak usia dini. Berdasarkan tujuan penelitian, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Proses keabsahan data mengguanakan trianggulasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dengan pokok: mengumpulkan data, melakukan reduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kondisi anak usia dini yang trauma pasca bencana secara umum menunjukkan perilaku menangis, merengek, gangguan tidur, masalah pertemanan, penurunan konsentrasi, mudah marah, gangguan kesehatan, ketakutan berlebih dan tidak nyaman tinggal dipengungsian. Pemulihan trauma pada anak usia dini diberikan oleh MDMC (Muhammadiyah Disaster Management Center) melalui pemulihan trauma secara individu berupa program psikoedukasi orangtua danassessment kebutuhan anak.Serta pemulihan trauma secara kelompok melalui sekolah ceria, wisata ceria, TPQ, outbond, medical checkup, tambahan nutrisi dan posyandu balita. Faktor-faktor yang mempengaruhi pemulihan trauma pada anak usia dini meliputi karakteristik anak, ketersediaan dukungan dan jaringan sosial, paparan langsung, distres orangtua dan tingkat keparahan yang dialami oleh anak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemulihan trauma, anak usia dini, pasca bencana
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Trauma Recovery
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 07 Feb 2018 15:50
Last Modified: 07 Feb 2018 15:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29824

Actions (login required)

View Item View Item