KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA DINI BERDASARKAN PADA PENERAPAN PERMAINAN BALOK GAMBAR DI TK PERTIWI KECAMATAN RAWALO KABUPATEN BANYUMAS


Rizkie Restuningtyas Budiati , 1601410006 (2017) KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA DINI BERDASARKAN PADA PENERAPAN PERMAINAN BALOK GAMBAR DI TK PERTIWI KECAMATAN RAWALO KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601410006.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (337kB) | Preview

Abstract

Keterampilan berbicara sebagai salah satu kepentingan dasar yang harus dimiliki anak, sesuai dengan tahapan dan karakteristik perkembangannya. Seperti halnya keterampilan berbicara anak pada usia 4-5 tahun. Pada saat berbicara anak akan belajar mengucapkan bunyi artikulasi atau kata-kata,ekspresi untuk menyampaikan pikiran ide dan gagasannya. Sarana untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak usia 4-5 tahun dengan bermain permainan balok gambar. Balok gambar merupakan media untuk bercerita, aktivitas menggunakan balok gambar mendorong anak untuk berimajinasi sehingga menimbulkan gagasan yang dapat dituangkan dalam bentuk lisan dan sangat efektif untuk menstimulasi keterampilan berbicara anak. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui bahwa terdapat perbedaan bermain balok gambar terhadap keterampilan berbicara anak pada uisa4-5 tahun. Pengambilan sampel menggunakan cluster sampling, terambil sampel yaitu Tk Pertiwi 02 anak dan kelompok TK A 30 anak. Hasil penelitian terdapat peningkatan pada keterampilan berbicara anak, terlihat dari hasil skor posttest pada kelompok eksperimen sebesar 70 dan skor terendah 64 lebih baik dari skor posttest kelompok control sebesar 62 dan skor terendah 54,yang menandakan H1 diterima sehingga 1,85 < 1,86 yang menandakan H1 diterima sehingga terdapat perbedaan yang signifikan dalam permainan balok gambar untuk meningkatkan keterampilan berbicara yang dilihat dari adanya perbedaan yang signifikan antara perolehan skor tes pada kelompok eksperimen dengan perolehan skor tes kontrol. Hal tersebut menjelaskan bahwa terjadi peningkatan keterampilan berbicara setelah diberikan perlakuan pada anak. Berdasarkan uraian tersebut, terdapat perbedaan terhadap keterampilan berbicara anak usia dini berdasarkan pada penerapan permainan balok gambar dilihat dari nilai mean (rata-rata) pada kelompok eksperimen yaitu mean ketika awal pretest sebesar 38.77 sedangkan mean ketika posttest sebesar 68.40. Hal ini menunjukkan skor kelompok eksperimen posttest lebih tinggi dibanding skor kelompok eksperimen pretest. Hasil perlakuan yang diberikan menunjukkan bahwa permainan balok gambar dalam proses pembelajaran mampu meningkatkan keterampilan berbicara pada anak. Guru disarankan untuk menggunakan balok gambar untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak usia 4-5 tahun.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan berbicara, Balok gambar, Anak usia 4-5 tahun
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 07 Feb 2018 15:11
Last Modified: 07 Feb 2018 15:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29820

Actions (login required)

View Item View Item