STUDI DESKRIPTIF KINDS OF LOVE NARAPIDANA LAKI – LAKI YANG SUDAH MENIKAH DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS 1 KEDUNGPANE SEMARANG


Elia Endang Rani , 1511413137 (2017) STUDI DESKRIPTIF KINDS OF LOVE NARAPIDANA LAKI – LAKI YANG SUDAH MENIKAH DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS 1 KEDUNGPANE SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511413137.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (649kB) | Preview

Abstract

Setiap hubungan pernikahan harus didasari cinta, menurut Sternberg (1986) komponen cinta yaitu intimacy, passion, dan commitment. Hasil kolaborasi komponen membentuk 8 jenis kinds of love yaitu, nonlove, liking, infatuated love, empty love, romantic love, companionate love, fatuous love dan consummate love. Hubungan romantis paling sempurna adalah kinds of love jenis consummate love dimana ketiga komponen terisi penuh. Namun kenyataanya kehidupan pernikahan tentunya tidak terlepas dari adanya suatu konflik. Hubungan pernikahan yang rawan konflik adalah pasangan narapidana. Narapidana dibatasi hak dan aturan untuk bisa membangun hubungan rumah tangga yang ideal. Menjadi narapidana juga dibatasi terkait hal-hal privasi maupun waktu untuk berhubungan dengan pasangan. Status narapidana menyulitkan mereka untuk memenuhi komponen intimacy, passion atau commitment dengan pasangan Sehingga narapidana sulit untuk mencapai hubungan ideal (consummate love). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran intimacy, passion, commitment, dan kinds of love pada narapidana laki- laki di Lapas kelas 1 Kedungpane Semarang. Jumlah sampel ada 94 subjek. Teknik pengambilan sampel dengan nonprobability sampling melalui kuota sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala Sternberg Tringular Love Scale (STLS) yang sudah dimodifikasi. Skala terdiri dari 38 item, dengan koefisien validitas bergerak dari 0,386 sampai dengan 0,838 dan koefisien reliabelitas sebesar 0,972. Hasil penenlitian mengungkap bahwa 55,31% narapidana berada pada kinds of love jenis consummate love. Komponen Intimacy 28,72% didominasi kategori sedang, passion 31,92% didominasi pada kategori sedang, dan commitment 35,10% juga didominasi pada kategori sedang. Aspek usia narapidana, usia pernikahan, lama narapidana tinggal di Lapas dan frekuensi menikah menggmbarkan narapidana berada pada consummate love, namun disisi lain > 25% narapidana berada pada nonlove.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kinds of love, intimacy, passion, commitment, narapidana
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 07 Feb 2018 13:42
Last Modified: 07 Feb 2018 13:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29807

Actions (login required)

View Item View Item