STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN ORANG TUA TENTANG POLA ASUH DI PROGRAM PARENTING PAUD STRAWBERRY KOTA SALATIGA


Fintan Nurwahid , 1201413089 (2017) STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN ORANG TUA TENTANG POLA ASUH DI PROGRAM PARENTING PAUD STRAWBERRY KOTA SALATIGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201413089.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (574kB) | Preview

Abstract

Strategi pembelajaran inkuiri adalah suatu kegiatan belajar yang mengajak siswa untuk berperan aktif dalam mencari dan menemukan solusi dari permasalahan yang ada. Siswa berperan sebagai objek dan guru berperan sebagai fasilitator. Semua kegiatan belajar dipusatkan kepada siswa dan guru berperan memberikan materi atau permasalahan dan siswa akan mencari jalan keluar atau solusi dari permasalahan yang ada secara mandiri. Pengembangan strategi pembelajaran inkuiri di PAUD Strawberry Kota Salatiga diterapkan dalam program parenting, ini bertujuan untuk meningkatkan pola asuh orangtua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran menggunakan strategi inkuiri dalam meningkatkan pemahaman pola asuh orangtua di program parenting. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun alat pengumpulan data menggunakan pedoman pengamatan, pedoman wawancara, kamera dan catatan-catatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan strategi pembelajaran inkuiri dalam program parenting di PAUD Strawberry Kota Salatiga berjalan sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran inkuiri yang terdiri dari orientasi, merumuskan masalah, menemukan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, dan merumuskan kesimpulan. Strategi pembelajaran inkuiri dalam program parenting PAUD Strawberry Kota Salatiga memiliki faktor pendukung yaitu, peserta didik dalam hal ini adalah orangtua murid dapat memahami konsep dasar dan ide-ide dengan lebih baik, karena pendidik memberikan strategi pembelajaran yang berbeda dengan pembelajaran kovensional. Selain faktor pendukung juga terdapat faktor penghambat yaitu, kurangnya pemahaman peserta didik dalam pembelajaran menggunakan strategi inkuiri sehingga proses pembelajarannya menjadi kurang maksimal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan pola asuh orang tua di program parenting PAUD Strawberry Kota Salatiga dilakukan menggunakan langkah orientasi, merumuskan masalah, menemukan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, dan merumuskan kesimupulan. Dalam prosesnya pembelajaran inkuiri di program parenting memiliki faktor penghambat yaitu kurangnya partisipasi dari peserta didik dan faktor pendukung yaitu pendidik hanya berperan sebagai fasilitator sehingga peserta didik lebih mandiri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Inkuiri, Program Parenting.
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > Parenting
L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 07 Feb 2018 17:43
Last Modified: 07 Feb 2018 17:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29802

Actions (login required)

View Item View Item