PERANAN TUTOR DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN OTOMOTIF REMAJA PUTUS SEKOLAH MELALUI PELATIHAN DI PANTI PELAYANAN SOSIAL ANAK “WIRA ADHI KARYA” UNGARAN


Daniar Putri Savira , 1201413085 (2017) PERANAN TUTOR DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN OTOMOTIF REMAJA PUTUS SEKOLAH MELALUI PELATIHAN DI PANTI PELAYANAN SOSIAL ANAK “WIRA ADHI KARYA” UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201413085.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Panti Pelayanan Sosial Anak “Wira Adhi Karya” Ungaran merupakan lembaga yang membina dan menintadklanjuti para remaja putus sekolah dengan membekali keterampilan otomotif melalui pelatihan untuk hidupnya kelak. Berbicara mengenai pelatihan, maka tidak akan terlepas dari peranan tutor yang membantu mengembangkan keterampilan otomotif remaja putus sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan tutor dalam pelatihan dan mendeskripsikan hasil keterampilan remaja putus sekolah melalui pelatihan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 11 informan. Penggumpulan data yang digunakan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Trianggulasi dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan sumber dan teknik. Prosedur analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan pengambilan keputusan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan tutor dalam pelatihan sudah baik karena tutor menjalankan perannya sebagai informator, organisator, motivator, inisiator, fasilitator, mediator dan evaluasi. Hasil keterampilan yang di dapat oleh Penerima Manfaat dari pelatihan otomotif ditandai dengan adanya persepsi, kesiapan, gerakan terbimbing, gerakan terbiasa, gerakan kompleks, penyesuaian pola gerakan, dan kreativitas yang sudah terampil dan mahir dalam mempraktekan otomotif. Hambatan tutor dalam mengembangkan keterampilan otomotif Penerima Manfaat adalah tutor menjumpai Penerima Manfaat yang sulit menerima materi tertentu, motivasi rendah dan fasilitas yang kurang memadai. Simpulan dari penelitian peranan tutor dalam mengembangkan keterampilan otomotif di Panti Pelayanan Sosial Anak “Wira Adhi Karya” Ungaran yang mendukung dalam pengembangan keterampilan otomotif Penerima Manfaat adalah peranan sebagai informator, organisator, motivator dan mediator adapun peranan tutor yang masih kurang adalah sebagai fasilitator. Keterampilan yang dimiliki Penerima Manfaat sudah pada tahap terampil dan mahir dalam bidang otomotif. Hambatan tutor dalam mengembangkan keterampilan otomotif adalah Penerima Manfaat yang sulit menerima materi, kurang motivasi dan kurangnya fasilitas. Saran yang diberikan guna mengatasi masalah tersebut sebaiknya tutor melengkapi fasilitas dan sumber belajar guna menunjang pelatihan, serta mengadakan pelatihan untuk tutor, dan penerima manfaat yang belum berkembang keterampilannya untuk menambah jam pelatihan jika dirasa kurang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peranan tutor, Pelatihan, Keterampilan Otomotif
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
L Education > L Education (General) > Tutoring
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 07 Feb 2018 17:43
Last Modified: 07 Feb 2018 17:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29799

Actions (login required)

View Item View Item