PENYELENGGARAAN PERPUSTAKAAN PERSADU DALAM MEMBERIKAN LAYANAN BACA MASYARAKAT RT 06 RW 01 KELURAHAN SRONDOL KULON KECAMATAN BANYUMANIK KOTA SEMARANG


Rizky Wahyu Safitri , 1201413084 (2017) PENYELENGGARAAN PERPUSTAKAAN PERSADU DALAM MEMBERIKAN LAYANAN BACA MASYARAKAT RT 06 RW 01 KELURAHAN SRONDOL KULON KECAMATAN BANYUMANIK KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201413084.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (623kB) | Preview

Abstract

Perpustakaan merupakan wadah bagi masyarakat untuk menuangkan hobi membaca atau mengisi waktu luang. Perpustakaan dibentuk dengan berbagai latar belakang, yakni karena ketertarikan akan membaca masyarakat yang mulai menurun, semakin canggih berbagai alat komunikasi atau berbagai macam gadget, lingkungan masyarakat transisi. Penyelenggaraan perpustakaan juga memiliki faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi. Rumusan masalah terdiri dari pelaksanaan perpustakaan, faktor pendukung pelaksanaan perpustakaan dan faktor penghambat pelaksanaan perpustakaan. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian pada penyelenggaraan perpustakaan untuk memberikan layanan minat baca masyarakat melalui kegiatan perpustakaan. Sumber penelitian berasal dari pengurus perpustakaan dan masyarakat setempat. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data trianggulasi sumber dan metode. Analisis data dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan verifikasi atau penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan penyelenggaraan perpustakaan melalui kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Kegiatan perencanaan terdiri dari kegiatan diskusi atau merencanakan hal-hal yang dibutuhkan untuk menyelenggarakan pelayanan perpustakaan. Pelaksanaan kegiatan perpustakaan terdiri dari kegiatan peminjaman buku, kegiatan membuat kreasi sampah daur ulang dan menonton film edukasi di akhir bulan. Sedangkan evaluasi terdiri kegiatan pembuatan laporan di akhir bulan oleh pengurus perpustakaan PERSADU. Penyelenggaraan perpustakaan juga memiliki faktor pendukung yakni adanya sumber daya manusia; adanya sarana dan prasarana; adanya pengunjung, anggota dan masyarakat pemakai; adanya lingkungan sekitar dan adanya kerjasama dengan mitra. Selain itu penyelenggaraan perpustakaan juga memiliki faktor penghambat antara lain koleksi buku belum lengkap; kurangnya kedisiplinan untuk mengembalikan buku; dan anggaran yang terbatas. Disimpulkan penyelenggaraan perpustakaan dimulai melalui kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Penyekenggaraan perpustakaan juga memiliki faktor pendukung dan faktor penghambatnya. Saran yang peneliti usulkan adalah pengurus perpustakaan tetap memepertahankan faktor pendukung penyelenggaraan perpustakaan dan menambah mitra kerja agar nantinya hambatan yang dihadapai dapat diminimalisir semaksimal mungkin. Selain itu menambah kerjasama dengan pihak-pihak lain yang mendukung pelaksanaan perpustakaan untuk menambah bantuan pendanaan maupun menambah koleksi pustaka. Melalui penelitian diharapkan pelayanan perpustakaan juga ditingkatkan dari segi kualitasnya, sehingga minat baca masyarakat dapat dilayani dengan baik dan memuaskan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: perpustakaan, minat baca dan masyarakat
Subjects: L Education > L Education (General) > Motivating Learners
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 07 Feb 2018 17:43
Last Modified: 07 Feb 2018 17:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29798

Actions (login required)

View Item View Item