MANAJEMEN PEMBELAJARAN PROGRAM KURSUS BAHASA INGGRIS DI LEMBAGA PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS BUILD BETTER COMMUNICATION ENGLISH TRAINING SPECIALIST SEMARANG


Annisa Hidayatun , 1201413082 (2017) MANAJEMEN PEMBELAJARAN PROGRAM KURSUS BAHASA INGGRIS DI LEMBAGA PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS BUILD BETTER COMMUNICATION ENGLISH TRAINING SPECIALIST SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201413082.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui manajemen pembelajaran terutama program percakapan untuk orang dewasa, sebab untuk mendapatkan pekerjaan yang layak tidak hanya dilihat dari nilai akademis saja, namun dilihat pula dari keterampilan yang kita miliki. Salah satu keterampilan yang harus dimiliki di era sekarang ini adalah komunikasi dalam berbahasa inggris. Penulis berniat melakukan penelitian di BBC cabang Banyumanik Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran program ECIP di BBC Semarang, yang meliputi 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, dan 3) evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode fenomenologis. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi, catatan lapangan. Teknik yang digunakan untuk mengecek keabsahan data di penelitian ini yaitu dengan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) verifikasi. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan pembelajaran meliputi perekrutan peserta didik setelah itu menyiapkan rencana pembelajaran dengan berpedoman pada program outline. 2) Pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan persyaratan pelaksanaan dan pelaksanaan yang terdiri dari kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. 3) Evaluasi dilakukan dengan tes dan non tes. Simpulan penelitian ini bahwa manajemen pembelajaran di program ECIP BBC Semarang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang disesuaikan dengan kantor pusat di Jakarta. Saran untuk pengelola dan lembaga Pembuatan rencana pembelajaran perlu dilakukan jauh-jauh hari sebelum hari pertemuan. Pembelajaran dilakukan dengan menambah keterampilan jadi peserta didik aktif. Penilaian, supaya penilaian pembelajaran dan lembaga di BBC efektif dan efisien perlu dilakukan rapat koordinasi secara rutin dengan kantor pusat yang ada di Jakarta.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kursus Bahasa Inggris, Manajemen Pembelajaran
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Character Building
L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 07 Feb 2018 17:43
Last Modified: 07 Feb 2018 17:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29796

Actions (login required)

View Item View Item