PENGARUH PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MOTIVASI BERWIRAUSAHA WARGA BELAJAR PROGRAM PELATIHAN DI PANTI PELAYANAN SOSIAL ANAK TARUNA YODHA SUKOHARJO


Adi Sunarto , 1201413080 (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MOTIVASI BERWIRAUSAHA WARGA BELAJAR PROGRAM PELATIHAN DI PANTI PELAYANAN SOSIAL ANAK TARUNA YODHA SUKOHARJO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201413080.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (718kB) | Preview

Abstract

Pendidikan formal pada saat ini hanya memberikan akademik tanpa memberikan keterampilan praktis, dan semua orang tidak dapat mengenyam pendidikan formal diusia produktif. Oleh karena itu untuk mencapai kualitas hidup yang lebih baik maka perlu adanya semangat kewirausahaan untuk menumbuhkembangkan kualitas ekonomi maka perlu adanya semangat/ motivasi berwirausaha. Untuk mengoptimalkan motivasi berwirausaha maka perlu adanya pembelajaran kewirausahaan yang mampu membangun pola pikir dan mental berwirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk 1).Menguji pengaruh pembelajaran kewirausahaan terhadap motivasi berwirausaha, 2). Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran kewirausahaan terhadap motivasi berwirausaha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi/sampel sebanyak 75 warga belajar. Penelitian ini merupakan penelitian populasi karena semua populasi diteliti tanpa menggunakan sampel. Variabel penelitian ini yaitu Pembelajaran kewirausahaan (X) dan Motivasi Berwirausaha (Y). Teknik pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi. Teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi, korelasi, dan koefisien determinasi dengan bantuan program SPSS Versi 20. Hasil penelitian 1).uji hipotesis dengan taraf signifikansi 5% menunjukan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran kewirausahan terhadap motivasi berwirausaha warga belajar di Panti Pelayanan Sosial Anak Taruna Yodha Sukoharjo. 2). Besarnya pengaruh pembelajaran kewirausahaan terhadap motivasi berwirausaha yaitu sebesar 51,1%, sedangkan faktor lainnya yaitu 48,9% tidak diteliti dalam penelitian ini. Simpulan dalam penelitian ini yaitu pembelajaran kewirausahaan berpengaruh positif sebesar 51,1%. Saran untuk penelitian ini yaitu, perlu adanya legalitas tutor, peningkatan materi pembelajaran, akses permodalan dan mitra usaha oleh lembaga, secara teoritis perlu adanya pengkajian ulang variabel penelitian ini dengan menggunkan metode berbeda, serta penelitian selanjutnya dapat meneliti variabel lain sebesar 48,9% yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: wirausaha, pembelajaran, motivasi
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > Populist Economy
L Education > L Education (General) > Motivating Learners
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 07 Feb 2018 17:43
Last Modified: 07 Feb 2018 17:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29795

Actions (login required)

View Item View Item