PENGELOLAAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT BERBASIS KEKELUARGAAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAJUAN LITERASI MASYARAKAT (Studi pada Taman Bacaan Masyarakat Pondok Maos Guyub Desa Bebengan Kecamatan Boja Kabupaten Kendal)


Isti Indriyani , 1201413078 (2017) PENGELOLAAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT BERBASIS KEKELUARGAAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAJUAN LITERASI MASYARAKAT (Studi pada Taman Bacaan Masyarakat Pondok Maos Guyub Desa Bebengan Kecamatan Boja Kabupaten Kendal). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201413078.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (682kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pengelolaan TBM Pondok Maos Guyub,dan (2) Bagaimana dampak TBM Pondok Maos Guyub terhadap kemajuan literasi masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan pengelolaan TBM Pondok Maos Guyub,dan (2) Mendeskripsikan dampak TBM Pondok Maos Guyub terhadap kemajuan literasi masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah Pendiri TBM,Pengelola TBM,dua orang pengunjung TBM dan beberapa masyarakat sekitar TBM. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi,wawancara,dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat Berbasis Kekeluargaan di Pondok Maos Guyub Kendal berawal dari proses perencanaan meliputi identifikasi potensi, menentukan tujuan, menentukan sasaran, perumusan rencana kerja, perumusan kegiatan, pengadaan sarana prasarana dan anggaran dana. Pengorganisasian meliputi aturan keanggotaan, menentukan bentuk organisasi dan pembagian tugas. Penggerakan dengan pemberian motivasi pada masyarakat. Pembinaan meliputi fungsi pengawasan(Controlling),penyeliaan(Supervisi) dan pemantauan(Monitoring). Penilaian dengan pengukuran hasil kerja melalui kritik dan saran dari masyarakat. Pengembangan meliputi pengembangan masyarakat pemakai, pengembangan koleksi, dan sistem layanan. (2) Dampak pengelolaan TBM terhadap kemajuan literasi yang dirasakan masyarakat yaitu dampak pada kecakapan akademik, kecakapan personal, dan kecakapan vokasional. Simpulan dari penelitian ini yaitu: (1) Pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat Berbasis Kekeluargaan di Pondok Maos Guyub Kendal meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pembinaan, penilaian dan pengembangan, (2) Dampak terhadap kemajuan literasi yang dirasakan masyarakat yaitu pada kecakapan akademik, kecakapan personal, dan kecakapan vokasional. Saran yang diberikan kepada TBM yaitu meningkatkan promosi dan publikasi dengan menjalin kerjasama dengan pemerintah desa,menambah koleksi buku berbahasa Indonesia dan peningkatan pengelolaan kegiatan-kegiatannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan, TBM Pondok Maos Guyub, kekeluargaan,dampak
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 07 Feb 2018 17:43
Last Modified: 07 Feb 2018 17:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29793

Actions (login required)

View Item View Item