EVALUASI HASIL BELAJAR DAN PENEMPATAN KERJA PESERTA PELATIHAN OPERATOR GARMEN DI BALAI BESAR PENGEMBANGAN LATIHAN KERJA (BBPLK) SEMARANG


Desi Ratna Sari , 1201413070 (2017) EVALUASI HASIL BELAJAR DAN PENEMPATAN KERJA PESERTA PELATIHAN OPERATOR GARMEN DI BALAI BESAR PENGEMBANGAN LATIHAN KERJA (BBPLK) SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201413070.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (688kB) | Preview

Abstract

Evaluasi adalah penyediaan informasi yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan. Evaluasi sangat penting untuk dilakukan dalam suatu sistem pembelajaran, dengan evaluasi baik peserta didik maupun tenaga pengajar dapat mengetahui tingkat keberhasilan yang telah dicapai dalam proses pembelajaran.Tujuan penelitian ini (1) untuk mendeskripsikan dan menganalisis evaluasi hasil belajar peserta pelatihan operator garmen setelah mengikuti pelatihan di BBPLK Semarang, (2) mendeskripsikan dan menganalisis program penempatan kerja bagi para peserta setelah mengikuti pelatihan operator garmen di BBPLK Semarang, (3) mendeskripsikan dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam melaksanakan evaluasi hasil belajar peserta pelatihan operator garmen, (4) mendeskripsikan dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam melaksanakan penempatan kerja peserta pelatihan operator garmen. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Semarang. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian 3 orang instruktur operator garmen, 2 orang pengelola penempatan, 5 orang peserta pelatihan operator garmen. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teori. Teknik analisis data : (1) reduksi data, (2) display data, dan (3) verifikasi data. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) evaluasi hasil belajar peserta pelatihan operator garmen dilakukan secara praktek dan tertulis, (2) penempatan peserta pelatihan operator garmen dilakukan melalui perusahaan dan melalui BBPLK, (3) ketidakdisiplinan peserta sehingga evaluasi kurang maksimal dan harus mengulang, (4) perusahaan dalam menempatkan tidak sesuai dengan spesifikasi keahlian yang dimiliki peserta pelatihan dan mengakibatkan tidak betah dan keluar. Simpulan dalam penelitian ini adalah: (1) evaluasi hasil belajar peserta pelatihan operator garmen dinyatakan kompeten dan memenuhi kriteria penilaian, (2) penempatannya yakni 3 orang sudah berhasil ditempatkan dan bekerja 11 orang masih OJT. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah (1) mengingat pentingnya evaluasi dalam pelatihan maka peserta pelatihan harus disiplin dan mematuhi aturan agar evaluasi bisa dilaksanakan sesuai perencanaan dan hasilnya kompeten, (2) penempatan harus sesuai dengan keahlian, keterampilan dan pengetahuan karyawan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Hasil Belajar, Penempatan Kerja, Peserta Pelatihan Operator Garmen.
Subjects: L Education > L Education (General) > Tutoring
L Education > LB Theory and practice of education > Evaluation of Learning
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 07 Feb 2018 17:51
Last Modified: 07 Feb 2018 17:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29790

Actions (login required)

View Item View Item