PERAN IBU DALAM PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA 2-3 TAHUN DI KELOMPOK BINA KELUARGA BALITA (BKB) TUNAS BANGSA DESA ADINUSO KECAMATAN REBAN KABUPATEN BATANG


LATIFATUN NAJAH , 1201413067 (2017) PERAN IBU DALAM PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA 2-3 TAHUN DI KELOMPOK BINA KELUARGA BALITA (BKB) TUNAS BANGSA DESA ADINUSO KECAMATAN REBAN KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201413067.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (811kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa pendidikan informal merupakan pendidikan yang utama dalam keluarga dan amat sangat penting diterapkan, utamannya peranan ibu yang sangat berpengaruh dalam perkembangan bahasa pada anak usia 2-3 tahun. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana peran ibu dalam perkembangan bahasa pada anak usia 2-3 tahun di kelompok Bina Keluarga Balita (BKB) Tunas Bangsa Desa Adinuso Kecamatan Reban Kabupaten Batang? 2) Bagaimanakah perkembangan bahasa pada anak usia 2-3 tahun di kelompok Bina Keluarga Balita (BKB) Tunas Bangsa Desa Adinuso Kecamatan Reban Kabupaten Batang? 3) Apa sajakah faktor pendukung dan penghambat perkembangan bahasa pada anak usia 2-3 tahun di kelompok Bina Keluarga Balita (BKB) Tunas Bangsa Desa Adinuso Kecamatan Reban Kabupaten Batang ? Penelitian peran ibu dalam perkembangan Bahasa pada usia 2-3 tahun di kelompok Bina Keluarga Harapan (BKB) di Desa Adinuso, Kec. Reban, Kab. Batang di Kelurahan menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Responden terdiri dari 2 Kader BKB dan 6 Anggota BKB. Teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, 4) penarikan kesimpulan/verifikasi. Teknik yang digunakan untuk pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini adalah Triangulasi Sumber. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini: 1) Dalam perkembangan bahasa anak, ibu memiliki peran sebagai pendamping sekaligus pembimbing. Ibu mendampingi anak saat pelaksanaan kegiatan Bina Keluarga Balita. Ibu juga berperan untuk mengajarkan dan memberikan arahan yang baik terhadap kosa kata dan kemampuan anak dalam berbahasa. 2) Secara garis besar, perkembangan bahasa pada anak usia 2-3 tahun di BKB Tunas Bangsa desa Adinuso kecamatan Reban kabupaten Batang sudah berkembang sesuai dengan tahapannya. 3) Dalam penelitian yang telah peneliti lakukan, tidak ditemukan faktor-faktor internal yang dapat menghambat perkembangan bahasa anak. Saran dalam penelitian ini adalah 1) Peneliti menyarankan agar pemerintah lebih mengutamakan pemenuhan gizi melalui program bina keluarga balita, posyandu dan sebagainya. 2) pemerintah desa agar memberikan alokasi dana khusus untuk mendukung kegiatan Bina Keluarga Balita dan memberikan fasilitas untuk menciptakan lingkungan sosial yang kondusif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran Ibu, Perkembangan Bahasa, Bina Keluarga Balita (BKB)
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > Parenting
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 07 Feb 2018 17:51
Last Modified: 07 Feb 2018 17:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29788

Actions (login required)

View Item View Item